PULAU PAHAWANG ‘THE HIDDEN PARADISE’

Liburan merupakan aktifitas yang paling mujarab untuk menghilangkan kepenatan dan kejenuhan akibat rutinitas pekerjaan sehari-hari.

Selain menyenangkan, liburan juga memiliki segudang manfaat, baik untuk fisik maupun mental. Seperti meningkatkan kesehatan, memulihkan kondisi tubuh, menurunkan stres dan masih banyak lagi.

Untuk menciptakan sebuah liburan yang menyenangkan, kita tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri, karna di Indonesia pun terdapat beragam wisata menarik yang dapat kita nikmati. Salah satunya yaitu wisata bahari.

Belakangan ini saya memang terlalu sering wisata ke pegunungan, hingga saya lupa bahwa di Indonesia pun terdapat banyak sekali wisata bahari yang tidak kalah menarik. Hingga akhirnya terbesit dalam diri saya untuk berwisata bahari.

Awalnya saya tidak tahu harus berkunjung ke tempat apa. Namun, setelah saya mencari berbagai informasi tentang wisata bahari di Indonesia, akhirnya saya tertuju kepada salah satu destinasi menarik yang berada di daerah Lampung, yaitu Pulau Pahawang.

Menurut informasi yang saya dapat, Pulau pahawang merupakan salah satu destinasi favorit yang menjadi primadona wisatawan untuk menikmati pemandangan laut. Pulau Pahawang juga disebut-sebut sebagai surga tersembunyi yang sangat indah.

Nah, untuk membuktikan kebenaran tersebut, sayapun langsung mantap ingin berkunjung ke Pulau Pahawang.

Pulau Pahawang berada di Kecamatan Punduh Padada, Kabupaten Pasawaran, Lampung Selatan. Untuk menuju ke lokasi ini saya harus menggunakan bus dari bogor menuju merak, lalu dilanjutkan dengan transportasi laut dari pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni.

Setelah sampai di Pelabuhan Bakauheni sayapun melanjutkan perjalanan menuju Desa Ketapang menggunakan minibus.

Dalam perjalanan menuju Desa Ketapang, saya langsung disambut oleh bangunan-bangunan dan gapura tradisional khas lampung. Selain itu hijau sawah, gunung dan perbukitan disisi jalan menjadi pelengkap selama perjalanan.

Beberapa jam perjalanan, akhirnya saya sampai di Desa ketapang. Disini saya dapat menyewa alat snorkeling, membeli makanan dan menyiapkan segala perlengkapan yang saya butuhkan. Setelah itu barulah saya melanjutkan perjalanan menuju Pulau Pahawang menggunakan perahu sewaan.

Sebelum ke Pulau Pahawang, wisatawan akan melewati kelagian kecil. Disini wisatawan dapat menikmati panorama bawah laut, terumbu karang dan ikan-ikan unik yang akan memanjakan mata siapapun yang melihatnya.

Kelagian Kecil juga merupakan spot pertama saya untuk ber-snorkeling ria. Saya pikir hanya ini satu-satunya tempat eksotis untuk melakukan snorkeling, ternyata saya salah, ini baru pembukaanya saja, dan tentu saja snorkeling paling hebat ada di Pulau Pahawang.

Setelah puas snorkeling di kelagian, sayapun melanjutkan perjalanan menuju Pulau Pahawang. Tidak beberapa lama, dermaga Pulau Pahawang pun terlihat. Disini banyak sekali wisatawan yang berlalu lalang, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Hal pertama yang saya lakukan di Pulau Pahawang adalah mencari penginapan. Disini banyak sekali Homestay milik warga yang dapat di sewa, sehingga para wisatawan tidak perlu kesulitan mencari tempat untuk menginap.

Setelah shalat, makan siang dan istirahat sejenak, saya melanjutkan perjalanan menuju Batu Candi Taman Nemo.

Disini saya dapat menari bersama ikan-ikan laut yang sangat menggemaskan dan menikmati berbagai jenis biota laut yang cantik. Disini juga terdapat Batu Candi dan tulisan ‘landmark Pahawang’ dibawah laut yang sering dijadikan tempat untuk mengabadikan momen.

Pesona surga bawah bawah laut yang eksotis ini menjadikan Pulau Pahawang sebagai destinasi wajib untuk snorkeling.

Pulau pahawang menyajikan pesona surga bahari yang luar biasa indah. Beraneka ragam terumbu karang dan biota lautnya sungguh alami dan memikat hati.

Pulau Pahawang terbagi menjadi dua bagian yaitu Pulau Pahawang Besar dan Pulau Pahawang Kecil.

Pulau pahawang besar merupakan tempat bermukimnya penduduk yang juga saya tempati untuk menginap di homestay, sedangkan Pulau Pahawang kecil tidak terdapat penduduk. Namun, pulau Pahawang kecil memiliki fenomena alam yang sangat mengagumnya, yaitu Tanjung Putus.

Tanjung Putus merupakan jembatan yang menyambungkan antara Pulau Tanjung Putus dan Pulau Pahawang Kecil. Yang unik dari Tanjung Putus yaitu jembatan ini akan muncul jika air laut sedang surut. Namun, jika air laut sedang pasang jembatan ini akan putus terendam air.

Berjalan di antara dua pesisir yang jernih diatas pasir berwarna putih menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Pesona Tanjung Putus sangat luar biasa! Kalian harus percaya!.

Tak terasa hari sudah mulai gelap. Matahari pun mulai menghilang di ufuk barat.

Detik-detik matahari terbenam di pulau pahawang sangat memukau, Saat itu saya simpan semua gadget yang saya miliki, mencoba fokus kepada satu titik di ujung sana. Situasi seperti inilah yang paling saya tunggu.

Walaupun hari sudah malam, tapi disepanjang pesisir pantai Pulau Pahawang masih ramai dengan wisatawan. Ada yang membakar ikan, membuat barbeque atau hanya mengobrol dan bernyanyi.

Namun, karna hari sudah semakin larut, sayapun memutuskan untuk beristirahat, terlelap bersama deburan ombak pantai yang menentramkan.

Tak terasa sudah dua hari saya di Pulau Pahawang. Itu artinya sudah saatnya saya kembali pulang menuju Desa Ketapang.

Saat perjalanan pulang, saya melewati sebuah pulau yang sangat dekat dengan Pulau Pahawang. Pulau itu bernama Pulau Kelagian.

Disini saya dapat menikmati pesisir pantai yang sangat indah. Warna pasir yang putih di kelilingi air pantai yang bening membuat Siapapun betah berlama-lama di tempat ini.

Selain itu, di Kelagian juga terdapat banyak warung makan dan pondok teduh yang dapat digunakan untuk bersantai sambil menikmati indahnya pesisir pantai.

Dalam perjalanan pulang dalam hati saya berkata, semoga suatu saat nanti, saya bisa berkunjung lagi ke Pulau Pahawang, surga tersembunyi yang berada di Lampung.

Saya akan selalu mengingat keindahan Pulau Pahawang, panorama bawah laut yang sangat eksotis serta kebudayaan dan keramahan warganya yang sangat mengagumkan.

Berikut ini beberapa tips untuk kamu yang berencana wisata ke Pulau Pahawang .

  1. Membawa pakaian renang dan pakaian ganti secukupnya.
  2. Jika melakukan solo travel, persiapkan segalanya dengan matang. Namun, akan lebih baik jika Bergabung bersama teman atau kelompok agar dapat menghemat pengeluaran.
  3. Jika ingin berkunjung ke Pulau Pahawang tanpa memikirkan akomodasi dan rute perjalanan, lebih baik ikut opentrip. Sekarang sudah banyak jasa travel yang menawarkan perjalanan ke Pulau Pahawang.
  4. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan moment. keindahan Pulau Pahawang terlalu sayang jika dilewatkan.

 

Suka kelayapan mengamati geliat masyarakat. Suka menulis random tentang segala hal. Travelling, unek-unek dan berbagai macam cerita hidup.

Leave a Reply