Pulau-pulau Cantik yang Tersebar di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

Post

Mau liburan ke sebuah pulau tapi agak malas jauh-jauh plus dengan budget yang terbatas? Pasti bisa dong! Bagi kamu yang tinggal di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya bisa banget nih berwisata ke Kepulauan Seribu yang sudah terkenal itu. Santai sejenak, melupakan kepenatan dan kerjaan. Oh iya, Kepulauan Seribu ternyata sudah termasuk dalam daftar "10 Bali Baru" yang dicanangkan oleh Kementerian Pariwisata. Maka, gak perlu pusing-pusing deh kalau mau liburan sejenak, kamu bisa berkunjung ke salah satu pulau di Kepulauan Seribu.

Di tulisan KitaINA kali ini akan memberikan beberapa rekomendasi nih pulau mana aja yang wajib dikunjungi oleh kamu di Kepulauan Seribu. Oh iya, kamu juga harus tahu nih, walau namanya "Kepulauan Seribu" tetapi pulau-pulau di sini tidak berarti ada 1000 pulau. Kira-kira jumlah pulau yang berada di Kep. Seribu itu ada tiga ratusan lebih, sudah termasuk pulau-pulau pasir dan terumbu karang. Plus, sebagian besar pulau di sini malah tidak berpenghuni, lho. Yuk, kita mulai petualangan kita di Kep. Seribu di tulisan ini.

Pulau Harapan

Yuk, ah ke pulau yang gak kalah romantisnya dengan pulau-pulau lain di Kep. Seribu ini. Selain memiliki spot yang indah untuk snorkeling, di Pulau Harapan juga memiliki pantai yang bersih dan tentunya indah banget saat matahari tenggelam. Untuk ke Pulau Harapan ini kamu bisa menaiki perahu dari Muara Angke, dan memakan waktu 3,5 jam, lho. Hasilnya? Your short holiday will be amazing, deh. Oh iya, kabarnya di daratan pulau ini menjadi rumah bagi burung Elang Bondol yang sangat langka, lho. Penasaran dengan Pulau Harapan? Buruan rencanakan trip kamu, ya.

Pulau Harapan, salah satu pulau cantik di Kep. Seribu (Sumber: pulau-harapan.com)

Pulau Onrust

Kamu suka sesuatu yang menarik untuk trip-mu? Yuk, berkunjung ke Pulau Onrust. Pulau satu ini terkenal akan sejarahnya nih, kawan. Di sana terdapat bangunan-bangunan kuno peninggalan Belanda dulu. Pulau Onrust juga berdekatan dengan salah satu pulau cantik lainnya, yakni Pulau Bidadari. Kamu juga harus tahu nih bahwa nama 'Onrust' sendiri diambil dari bahasa Belanda yang berarti 'Tidak Pernah Beristirahat' atau dalam bahasa Inggrisnya adalah 'Unrest'. Kabarnya pula Pulau Onrust ini, beserta dengan tiga pulau lainnya di Kepulauan Seribu itu saat ini masuk dalam Daftar Sementara (Tentative List) Situs Warisan Dunia UNESCO.

Pulau Onrust yang menawarkan sejarah zaman penjajahan Belanda (Sumber" travel-kompas.com)

Pulau Sepa

Untuk pulau satu ini kamu harus tahu nih, bahwa Pulau Sepa dijuluki "Little Bali". Keindahan alam dan bersihnya Pulau Sepa benar-benar akan membuat kamu nyaman, dan tak sadar bahwa kamu masih berada di ranah DKI Jakarta. Untuk berkunjung ke Pulau Sepa juga tidak memakan waktu dua sampai tiga jam kok, cukup 90 menit saja dari dermaga Ancol. Selain itu di Pulau Sepa juga merupakan tempat yang mengasikan untuk aktifitas memancing. Nuansa tropis Pulau Sepa yang sangat alami dan menyegarkan akan menyapa saat kita tiba di pulau ini. Bagi yang suka diving atau hanya snorkeling, Pulau Sepa ini merupakan pilihan yang tepat nih. Intinya, Pulau Sepa benar-benar harus masuk list kamu nih dari Kep. Seribu, DKI Jakarta.

Pulau Sepa, salah satu pulau tercantik yang ada di Kep. Seribu (Sumber: klikmania.net)

Pulau Papa Theo (Pulau Petondan Kecil)

Yup, jangan lupa juga masukan pulau satu ini di list liburan singkat kamu ya, kawan. Pulau Petondan Kecil atau biasa dikenal dengan nama Pulau Pap Theo merupakan pulau cantik yang ditawarkan oleh Kep. Seribu, kawan. Di sini kamu bisa melakukan akivitas pantai yang disukai, mulai dari snorkeling, diving, bahkan hingga camping, lho. Pemandangan sunset di Pulau Papa Theo juga tak kalah cantik dengan yang ada di pulau-pulau lainnya. Untuk bisa mengunjungi Pulau Papa Theo memang memakan waktu yang cukup panjang, kawan. Ke Pulau Harapan terlebih dahulu selama 3,5 jam dari dermaga Muara Angke dan dilanjutkan ke Pulau Papa Theo selama 1 jam. Tetapi, percayalah setelah memakan waktu yang cukup panjang tersebut semua dapat terbayarkan jika kaki kita telah menginjak tanah di Pulau Papa Theo satu ini.

Pulau Papa Theo, salah satu pulau antimainstream di Kep. Seribu (Sumber: jelajahsumbar.com)

Pulau Ayer

Kamu mau banget ke Maladewa, kawan? Eit, tunggu dulu. Jakarta pun juga memiliki Maladewanya sendiri. Yup, kesan tersebut lah yang dapat kamu temukan saat mengunjungi salah satu pulau di Kep. Seribu, yakni Pulau Ayer. Cottage-cottage di sini didirikan mengapung di atas perairan yang benar-benar membuat kamu suka lama-lama di pulau satu ini. Pulau Ayer juga memiliki banyak fasilitas yang mendukung bahwa pulau satu ini pantas dijuluki sebagai Mutiara Kepulauan. Fasilitas-fasilitas tersebut adalah play ground anak, dan juga mempunyai kolam renang untuk anak-anak dan dewasa. Oh iya, untuk mencapai Pulau Ayer dari dermaga Ancol hanya memakan waktu tidak lebih dari 30 menit, lho. Yup, dapat dikatakan Pulau Ayer adalah pulau terdekat dari Kep. Seribu dari dermaga.

Maldives? Bukan. Ini Pulau Ayer di Kep. Seribu, DKI Jakarta (Sumber: travellerspoint.com)

Pulau-pulau di atas hanya sebagian kecil yang dirangkum nih. Kepulauan Seribu masih memiliki banyak pulau yang dapat dikunjungi. Oh iya, di atas juga tidak ada nama-nama pulau seperti Pulau Pramuka, Pulau Tidung, atau pun Pulau Pari. Bukan karena pulau-pulau tersebut tak pantas dikunjungi, tetapi karena diyakini sekali bahwa pulau-pulau besar tersebut sudah pernah dikunjungi oleh pembaca KitaINA. Maka, kelima pulau yang diulas di atas sangat direkomedasikan jika kamu memang membutuhkan sebuah liburan singkat. So, tunggu apa lagi, yuk traveling dan jangan lupa ceritakan duniamu di sini ya.