PULAU SERIBU: CAMPING TRIP KE PULAU PERAK

Hai teman-teman,  sekarang Saya mau share pengalaman camping di area Kepulauan Seribu. Lebih tepatnya di gugusan Pulau Harapan. Pengalaman ini cukup berkesan menurut saya karena ini pertama kalinya camping di kepulauan Seribu, setelah sekian kalinya trip ke Kepulauan seribu. Awalnya pada trip ini saya hanya mengenal teman 1 alumni saya, Fahmi. Yoga dan Mas Angga, temen saya waktu trip ke Pulau peucang, Ujung Kulon. Selebihnya kurang lebih 16 orang benar-benar belum pernah ketemu sama sekali (Vira, Luthfi, Fabian, Ario, dll). Perjalanan dimulai dari rumah saya di cawang, nungguin si Fahmi dari bekasi. ketemuan di cawang lalu ambil rute ke muara angke via grogol-pluit soalnya si Yoga minta dijemput di Pancoran. Oia, si Fahmi kehilangan Sleeping Bagnya pas perjalanan dari Bekasi😀 Udah mau ga ikut tapi saya paksa ikut. soalnya kalo ga ikut share costnya pasti jadi nambah nih HAHAHA.

skip skip akhirnya sampe ke Dermaga Kali Adem (Muara Angke). Jaraknya lebih jauh 1-2 KM drpd ke dermaga yang lama. Jalur sempit + Kendaraan parkir sembarangan + BIS yang maksa masuk tau kan bakal jadi apa? Ya, MACET! dari jembatan Muara Angke ke dermaga Kali Adem sendiri habis 20 menit! Akhirnya kami semua ngumpul di meeting point (Pelabuhan) dan beli tiket. Saya disini bertemu teman2 baru diantaranya Fabian, Ario, Luthfi mereka semua kenal dengan Mas Angga dan sisanya sudah masuk ke kapal penyebrangan. Singkat cerita, setelah jam setengah 8, kami diminta untuk segera naik kapal Miles 1 untuk segera berangkat ke Pulau Harapan.

Perjalanan ke Pulau Perak dari Pulau Harapan
Perjalanan ke Pulau Perak dari Pulau Harapan

Perjalanan ke Pulau Harapan dari Kali Adem memakan waktu 3 jam. cari posisi yang enak, karena kalau tidak Pewe, pasti nanti akan jackpot, haha. Sesampai di Pulau Harapan kami berkumpul di saung dan segera shalat Zuhur dan melakukan persiapan snorkeling kemudian langsung menuju Pulau Perak.

Saya dan Fahmi
Saya dan Fahmi di Pulau Harapan

Spot yang kami kunjungi untuk snorkeling adalah:

Pulau Genteng Kecil,

Sepenggal foto underwater Pulau Genteng
Sepenggal foto underwater Pulau Genteng

Pulau Matahari,

Perjalanan ke spot Pulau Matahari
Perjalanan ke spot Pulau Matahari

Pulau Macan (Private Island),

Underwater sekitar spot Pulau Macan
Underwater sekitar spot Pulau Macan

Setelah kami selesai ber-snorkeling ria, kami langsung menuju Pulau Perak. sesampai disini, kami tidak heran kalau pulau ini sangat ramai dengan pengunjung yang hendak menikmati sunset. Pulau ini memiliki pasir putih dan tempat peristirahatan yang cocok untuk teman-teman yang habis melakukan aktivitas di laut. Setelah waktu menujukkan jam 17:00, kami langsung menuju spot camping, lalu mulai memasang tenda.

Sore hari di Pulau Perak
Sore hari di Pulau Perak

Malam telah tiba, disini banyak kegiatan yang kami lakukan. Saya dan Yoga mencoba mengambil milky way dengan Gopro yang kami miliki, tapi apa daya, sepertinya masih belum skillful jadi berapa kali shot tidak ada yang memuaskan :p teman-teman lain ada yang main Uno dan Sequence. Lalu ketika jam menunjukkan pukul 21:00, kami menyalakan lampion-lampion terbang. Sungguh pengalaman yang seru!

 

Milky Way dari Gopro saya :D
Milky Way dari Gopro saya😀
Lampion terbang
Lampion terbang

 

 

 

 

 

 

 

 


Keesokan paginya, Sebelum beres-beres tenda, kami mulai menyiapkan sarapan. Beruntungnya camping bareng sama 1 keluarga, perabotannya lengkap :p dari telur, gelas plastik, piring plastik, abon, RENDANG, semua di provide mereka. Kita-kita yang muda ini cuman bawa indomie saja juga sudah aman karena mereka😀

Foto keluarga baru :D
Foto keluarga baru😀
Team "Paruh Baya" :D
Team “Paruh Baya”😀

Saya, Fahmi, dan Yoga menyempatkan untuk explore pulau Perak sebelum membereskan tenda. Tidak ada yang “wah” sih setelah kami berkeliling pulau, hanya saja kami bisa menikmati Pulau Perak yang sepi dan indah!! Jam 08:30 pagi, kami langsung dijemput kapal hoping island kami, lalu mampir ke Gusungan untuk sekedar ambil dokumentasi. Kemudian kami langsung menuju ke Pulau harapan untuk melakukan persiapan pulang dan melengkapi pembayaran share cost. Kami dapat kapal keberangkatan jam 11:30 dan sampai di Dermaga Kali Adem sekitar jam 14:30, 3 Jam Perjalanan🙂

Pohon kering di sisi lain Pulau Perak
Pohon kering di sisi lain Pulau Perak
Pesisir Pantai Pulau Perak
Pesisir Pantai Pulau Perak
Wefie bareng keluarga baru di dermaga
Wefie bareng keluarga baru di dermaga
Dermaga Pulau Perak
Dermaga Pulau Perak

Sebelum saya tutup, berikut saya lampirkan tips dan cost selama perjalanan camping kemarin.

Pengeluaran pribadi

Bensin : 25000 PP (Vario CBS)
Parkir : 25000
Kapal Miles berangkat : 57000
Kapal Miles pulang : 50000
Biaya camp : 20000
Biaya share cost : 80000 (Kapal Snorkeling PP, Makan Siang, Tips Guide)
Total Cost Pribadi : 257000 (dari rumah ke rumah!)😀

Pengeluaran Rombongan
Kapal Snorkeling : 900000 (diskon 50rb)
Biaya Tenda : 25000 (diskon 50rb)
Makan Siang : 25000/orang (diskon 5000/orang)
Tips : 12000/orang (alokasi dari diskonan dan tambahan seikhlasnya biar genap)

*Nb : Kapalnya no hope banget, kapasitas 15 orang dibuat untuk 21 orang haha

Contact person Pulau Harapan :

Pak Ilham 0818-0783-3620 (yang kita pakai)

Pak Mukhli 0818-0628-2742 (orang yang menawarkan pas di Pulau)

Sekian review ane untuk pengalaman backpacker camping di Pulau Perak, trip boleh murah, kelestarian alamnya tetap dijaga! sungguh sayang kalau spot bagus di Jakarta semakin menipis.

Last Picture, Foto keluarga di gusungan
Last Picture, Foto keluarga di gusungan

Leave a Reply