PULAU SERIBU: CAMPING TRIP PULAU DOLPHIN

Post

SELAMAT PAGI!!!

Hai, teman-teman, Saya mau posting artikel perjalanan ke Pulau Dolphin, Salah satu pulau di gugusan kepulauan seribu, tepatnya di Pulau Harapan. Untuk perjalanan kali ini, Saya mengandalkan sista andalagueee *gaya @ajudan_pribadi* yaitu Icha, EO solo karir yang bisa mengkordinasikan 33 orang yang ikut di perjalanan kali ini, sing sabar ya cha :D Beberapa teman yang Saya kenal sebelum memulai perjalanan, ikut di trip ini diantaranya Ais, Defri, Guntur, Slim, Andy, Bagus (Baca: Perjalanan ke pulau Iyu) dan Yoga (Baca: Perjalanan ke Pulau Perak).

Full team Dolphinostrado! Full team Dolphinostrado! />

33 orang menurut Saya pribadi jumlah yang cukup banyak, tapi Alhamdulillah perjalanan kemarin tidak begitu rumit dari sisi peserta. teman-teman yang ikut rata-rata berpengalaman kalau soal kemah, baik itu di gunung ataupun di pantai. Seperti kebanyakan trip ke Pulau Seribu, Kami ber-33 berkumpul di Pelabuhan Kaliadem, Muara Angke jam 6 pagi. Kapal berangkat kurang lebih jam setengah 8 pagi. Entah kenapa rasanya perjalanan jadi lebih cepat ke Pulau Harapan, Kami menempuh waktu perjalanan kurang lebih 3 jam dan sampai kurang lebih jam 10:30. Seingat Kami, waktu tempuh Kaliadem-Pulau Harapan kurang lebih 4 jam. Dan ini pertama kalinya kami berlabuh di pelabuhan belakang Pulau Harapan karena Pelabuhan depan dimana ferry dari Kaliadem biasa berlabuh.

Persiapan sebelum berangkat ke Pulau Dolphin pic Persiapan sebelum berangkat ke Pulau Dolphin />
Mampir Snorkeling di seperjalanan ke Pulau Dolphin image Mampir Snorkeling di seperjalanan ke Pulau Dolphin />

Karena waktu masih jauh dari Shalat Zuhur, kami ingin segera berangkat snorkeling dan langsung menuju Pulau Dolphin. Mampir ke rumah Bang Holil (orang pulau harapan yang membantu icha mengakomodasi perjalanan kali ini) dulu untuk minum, cemil2, dan ganti pakaian untuk snorkeling. Kami sekalian membawa makan siang kami dan perlengkapan snorkeling bagi yang meminjam alat langsung menuju kapal hoping. Yap, konsekuensi trip di musim penghujan tidak lain adalah hujan itu sendiri. Sedih karena ini pertama kali perjalanan ke pulau yang dihiasi hujan padahal belum masuk pulau untuk camping T_T selama perjalanan menuju spot snorkeling agak takut juga kalau visibility kurang bagus. Tapi beruntungnya kami, setiap menuju spot snorkeling hujannya berhenti, haha :D visibility juga tidak begitu jelek, bahkan Saya beruntung sempat menemukan penyu disana. Ahhh anyway, itu penyu pertama saya loh :p

My first sea turtle encounter! My first sea turtle encounter! />
nyelem-nyelem lucu. nyelem-nyelem lucu. />

Tips:
Kalau ada temen-temen niat spearfishing, tidak jauh dari Pulau Dolphin ada tambak kakap. Kemarin Saya ingin mencoba kesana tapi berhubung saya hanya sendirian jadi tidak memungkinkan kalau kesana, masih belum berani haha. Spot spearfishing lain sebenarnya banyak, Saya sudah membawa speargun, berharap ada ikan ekor kuning yang lewat tapi tidak muncul-muncul dan Saya masih awam kalau soal nembak-nembak ikan *nembak cewe aja jarang-jarang, tsahhh*

Pemandangan bawah laut gugusan Pulau Harapan Pemandangan bawah laut gugusan Pulau Harapan />
Masih sekitaran spot snorkeling yang sama Masih sekitaran spot snorkeling yang sama />

Cukup 2 spot kami snorkeling karena kebanyakan dari kami sudah capek dan ingin segera mendirikan kemah di Pulau Dolphin. Cuaca random juga memaksa kami untuk segera menyiapkan tenda sebelum sunset. Overview sedikit untuk Pulau Dolphin, Pulau ini lebih kecil dari Pulau Perak, tapi spot untuk berkemah lumayan luas daripada Pulau Perak. Ada warung juga, bisa menghemat akomodasi teman-teman. Kalau tidak hujan, Pulau ini Saya rekomendasikan untuk jadi tujuan teman-teman camping ceria di Pulau Seribu :D

Sunset Pulau Dolphin Sunset Pulau Dolphin />
Kegiatan malam di Pulau Dolphin, main tepok nyamuk!! Kegiatan malam di Pulau Dolphin, main tepok nyamuk!! (Kiri ke kanan, Slim, Andri, Guntur, Kiky, Icha, Erika, Mamet) />

Tips:
Untuk meminimalisasi kerumitan dalam mengakomodasi teman-teman seperjalanan, ada baiknya diperhatikan dari sisi jumlah peserta. Menurut Saya, sharecost tetap bisa murah, tidak hanya bergantung dari jumlah peserta, tinggal bagaimana kita me-manage logistik ataupun kapal untuk hoping island.

Hari kedua, menurut itinerary yang sudah kami rancang, kami harusnya hoping island sambil kembali menuju Pulau Harapan, akan tetapi hujan dari jam 03:30 pagi tidak berhenti sampai jam 11:00 pagi, kami hanya pasrah di pulau, kapal tidak bisa menjemput karena badai di Pulau Harapan dan Kami ahirnya hanya sarapan, main renang-renang di sekitar pulau dan menunggu kapal hoping island kami menjemput kami. Yupp ini menjadi pengalaman Saya pribadi yang pertama, kehujanan di Pulau dari pagi sampai siang, deg-degan tidak terkejar ferry yang menuju kembali ke Jakarta. Semoga perjalanan lain kali bisa lebih beruntung lagi, aamiin :D

Corps Anjing Laut Dolphinostrado! Corps Anjing Laut Dolphinostrado! />
Jangan lupa sarapannya! Urusan dapur serahkan sama wanita-wanita tempur ini! />

Ada cuplikan sedikit video waktu kemarin camping trip di Pulau Dolphin, mampir yaaa. *jangan lupa subscribe :p

Berikut ada info-info yang bisa membantu temen-temen untuk camping ceria di Pulau Dolphin

Contact Person:
Bang Holil - Pulau Harapan (0878-8449-4997)

Cost:
Tiket pp kaliadem-harapan : 107.000 (tiket berangkat 55.000, retribusi masuk dermaga 2.000, tiket pulang 50.000 )

Kapal hoping 2hari 800.000/30 org : 27.000

Logistik (Detail dibawah) : 25.000/org

Izin camp : 25.000/org

Makan 2kali : 40.000/box

Alat snorkeling 1 set : 35.000/hari (life jacket, snorkel, mask, fin)

Logistik Detail:

Tenda : 70.000

Tali rafia : 7.000

-0-

Terimakasih kepada Icha sebagai EO sejati kalo ke Pulau seribu, dan semua teman-teman yang ikut kemping ceria kali ini.

Mampir yaa ke blog Saya di thenomaddict.wordpress.com

Apabila ada yang mau ditanyakan, monggo bisa ke :

Whatsapp : 08118-337-337

Line : pranataandri

Follow instagram Saya juga yaa buat liat2 hasil dokumentasi Saya selama perjalanan trip kemanapun

Instagram : pranataandrii

“Never Stop Exploring Indonesia”