PULAU SERIBU: CAMPING TRIP PULAU IYU

Post

SELAMAT PAGI!!!

Sabtu kali ini tepatnya tanggal 27-28 Februari 2016, Saya ikut camping trip ke Pulau Seribu. Yup, masih sekitaran jakarta?. Kali ini pulau yang saya datangi adalah salah satu pulau non-mainstream di Pulau Seribu, yaitu Pulau Iyu, gugusan Pulau Harapan.

Sebelumnya kenalkan dulu 13 teman trip saya kali ini.

DCIM100GOPROG0010008.
Piyik (yang megang es), Ais, Tya, Andy, Defri, Ica, Guntur, Bagus, Erika, Slim, Angga, Andri, Moses

Nb: Dokumentasi di artikel ini menggunakan Gopro Hero 4 Silver, Cost dan info CP trip ada di halaman paling bawah

Trip kali ini diinisiasi oleh Mas Angga. Setelah kurang lebih diajak dari Bulan Januari, akhirnya terealisasi juga. Pagi itu kami kumpul di meeting point di pelabuhan Kali Adem, Muara Angke. Perkenalan singkat, lalu kami patungan bayar tiket kapal ke Pulau Harapan. Alhamdulillah, Jumat kemarin habis hujan, pengunjung ke Pulau harapan tidak begitu padat, sehingga kami bisa berangkat dengan santai dan tempat yang lega buat selonjoran?

Travel Tips:
Jangan nungguin musim panas untuk pergi traveling, cuaca itu random, bro?

Selama 3 jam perjalanan yang diisi oleh tidur dan hembusan ombak, akhirnya kami sampai di Pulau Harapan, Bekasi (eh sori salah, itu mah Harapan Indah :p). Kami segera bertemu dengan orang yang kami sewa kapalnya, kemudian ganti baju dulu sebelum akhirnya berangkat ke Pulau Iyu. Tepat jam setengah 12 kami naik kapal dan akhirnya menuju ke Pulau Iyu. Perjalanan kami menuju Pulau Iyu kurang lebih 3 jam karena disambi dengan snorkeling di 2 spot.

DCIM100GOPROGOPR0210.
Di Jakarta Mendung, tapi disini cerah secerah-cerahnya!
Erika si model foto trip kali ini :p
Erika si model foto trip kali ini :p

Cuaca yang sangat bagus makin menambah semangat Saya untuk traveling kali ini. Selama kurang lebih 45 menit, akhirnya kami sampai ke Pulau Putri, pulau yang memiliki resort di dalamnya, punya aquarium bawah air, dan kolam renang pantai. tapi kami disini tidak untuk menikmati itu semua? melainkan snorkeling saja di sekitar Pulau ini, hehehe. Berikut dokumentasi di Pulau Putri.

Persiapan snorkeling di Pulau Putri
Persiapan snorkeling di Pulau Putri
Karang dangkal Pulau Putri
Karang dangkal Pulau Putri

Menuju ke spot 2, yaitu Pulau Semut. Disini karang-karangnya sangat dangkal, dan masih bagus karena memang jarang orang yang sampai ke Pulau Semut untuk snorkeling. Disini karena karang-karangnya lumayan dangkal (1m) teman kami Icha menginjak Bulu Babi, untungnya tidak begitu banyak menginjak durinya. Alhamdulillah, Icha tidak mengalami cidera parah?

Travel Tips:
1. “Selalu waspada keadaan sekitar” – Wanadri, hati-hati terus, biarpun kita disuguhi keindahan, bukan berarti ancaman tidak dapat datang dari keindahan?
2. Cara mengobati tusukan bulu babi adalah dengan cara memukulkan benda keras ke titik yang terdapat racun bulu babinya. Pukul terus hinggal keluar racunnya. Ps: Bukan dengan cara dikencingin!!! Mitos itu, hahaha?

Keindahan bawah laut Spot Pulau Semut
Keindahan bawah laut Spot Pulau Semut
Terumbu karang Pulau Semut
Terumbu karang Pulau Semut
terumbu karang pulau semut img
Slim dengan background terumbu karang Pulau Semut
Terumbu karang yang dangkal di sekitar Pulau Semut
Terumbu karang yang dangkal di sekitar Pulau Semut

Setelah cukup capek snorkeling, akhirnya kami memutuskan untuk langsung ke Pulau Iyu. Sesuai dengan info dari ABK kapal, tidak ada dermaga di Pulau Iyu, karena memang tidak berpenghuni, dan karang-karangnya dangkal sehingga menyulitkan ABK untuk merapatkan kapalnya. Dengan kondisi seperti ini akhirnya kami harus turun di kedalaman kurang lebih 70cm, lalu jalan sampai di bibir pantai. Sempat tergoda untuk snorkeling lagi di bibir pantai pulau Iyu, tapi info dari ABK ada banyak ikan pari di sekitar sini, jadi akhirnya kami urungkan niatan tersebut.

Spot camp pulau iyu pic
Spot camp kami, dengan view langsung ke arah sunset
Spot Tenda kami didirikan
Spot Tenda kami didirikan

Kami team pria, memulai mencari spot untuk camping. sekitar 30 menit akhirnya kami sampai di spot yang lumayan bagus, tidak jauh dari palang Pulau Iyu Besar. Spot ini kami pilih karena ada pohon-pohon untuk kami memasang hammock dan juga spot yang sangat indah untuk menikmati sunset! Setelah mendirikan tenda dan hammock, kami beres-beres sedikit lalu persiapan makan malam dan menikmati indahnya langit…….. lalu sampai jam 12 malam akhirnya hujan turun dan memaksa kami masuk kedalam tenda -,-“

Foto-foto setelah selesai mendirikan tenda
Foto-foto setelah selesai mendirikan tenda

Hari kedua, seperti trip pulau seribu pada umumnya, hari kedua tidak ada wisata bawah laut lagi, tapi seperjalanan kami pulang kami sempatkan main di Pulau Perak. Menurut saya pribadi, gugusan kepulauan Harapan yang cukup indah yaitu Pulau Perak (kalau pagi hari :D) karena pasir putihnya yang serasa milik sendiri. Kurang lebih jam 11 kami sampai di Pulau Harapan, lalu mandi dengan cepat karena kami tau Kapal yang menuju Pulau Seribu akan take off jam 12. Akhirnya jam 12, kami semua sudah berada di kapal dan kembali ke Jakarta dengan selamat.

Sayonara!!
Sayonara!!
Masih si Erika di Pulau Perak Img
Masih si Erika di Pulau Perak

Travel Tips:
Jangan pernah meninggalkan sampah! Jangan menjadi traveler tidak bertanggung jawab! Banyak sekali sampah di Pulau Iyu, bir botol, sendal bekas, kantong mie, dll. Kata ABK kami, “tinggalkan saja sampah di Pulau ini nanti ada yang bersihkan.” Tolaklah secara halus, lebih baik sampah ini berada di Pulau Harapan karena ada yang membersihkannya tiap hari.


Berikut saya lampirkan info-info yang mungkin berguna untuk teman-teman yang mau mencoba camping trip kesini.

Spot selama Perjalanan:

Dermaga Kaliadem

Pulau Harapan

Pulau Putri (Snorkeling spot 1)

Pulau Semut (Snorkeling spot 2)

Pulau Iyu (camp Spot)

Pulau Perak (Hoping Island)

Pulau Harapan (pulang)

CP Kapal Pulau Harapan:

Arsika : 0878-7467-8056 / 0857-1862-1497

Pengeluaran Trip:

Kapal : 1200000

Makan 20000*13 orang : 260000

Aqua 3 galon*27000 : 81000

Aqua gelas : 25000

Tips Guide : 200000

Kapal Pulang 50000*13 : 650000

Total : 2521000

Personal

Alat Snorkeling 3set*350000 : 105000

Kapal berangkat (Miles) dan retribusi 55000 + 2000 : 57000

Jajan sendiri

-o-

Ini ada video perjalanan ane kemarin, monggo di comment, like atau dislike bebaas

Thanks to my new friends
Angga, Bagus, Luthfi, Moses, Erika, Icha, Ais, Tya, Defri, Guntur, Slim, dan Andy

Apabila ada yang mau ditanyakan, monggo bisa ke :

Whatsapp : 08118-337-337

Line : pranataandri

Follow instagram Saya juga yaa buat liat2 hasil dokumentasi Saya selama perjalanan trip kemanapun

Mampir ke blog saya juga di thenomaddict.wordpress.com

Instagram : pranataandrii

“Never Stop Exploring Indonesia”

See you on the otherside!
See you on the otherside!