Rumah Turi, Hotel Sejuk Di Tengah Hiruk Pikuk Kota Solo

Haloo Semuanya, traveling identik dengan hotel atau tempat menginap di tempat liburan kita. aku mau share tentang pengalamanku nginep di hotel yang unik di tengah kota Solo. Selamat membaca !

SEJUK ! Itu adalah hal pertama yang terpikirkan ketika sampai di hotel yang sangat unik ini di Solo. Rumah Turi berada pada jantung kota dan dekat dengan pusat perbelanjaan Solo Paragon, serta memiliki akses yang mudah untuk mencapai tempat-tempat wisata menarik dan situs sejarah di Solo. Sementara Stasiun Solo Balapan dan Bandara Adi Sumarmo bisa ditempuh hanya dalam waktu dua puluh menit berkendara.

Suasana hotel memberikan rasa santai dan nyaman. Ditambah lagi dengan keramahan a la Jawa yang bersahabat dari petugas hotel. Seperti merasa diterima di rumah teman, sesuai dengan motto mereka: It’s a home where guests are always welcome as good friends.

Rumah Turi
Exterior Rumah Turi

Rumah Turi sengaja didesain untuk memberikan suasana tempat istirahat yang nyaman, dengan memadukan unsur alami tradisional dan sentuhan kontemporer. Diresmikan pada tahun 2008, langsung oleh Walikota Solo saat itu Joko Widodo (kini Presiden Republik Indonesia), Rumah Turi mengklaim sebagai boutique hotel yang pertama dan satu-satunya yang berkonsep eco-friendly di kota Solo.

Rumah Turi
Jembatan penghubung koridor kamar dengan tempat yoga di Rumah Turi

Bangunan Rumah Turi sendiri memiliki desain minimalis masa kini, yang didominasi oleh warna coklat dan menggunakan  unsur kayu sebagai penambah aksen. Terdiri dari dua lantai yang berisi kamar-kamar, kantor dan ruang logistik, sebuah ruang makan dan dapur, serta area duduk terbuka hijau.

Ada tiga pilihan jenis kamar yang tersedia di Rumah Turi. Yaitu Sereh sebanyak delapan kamar;Wuni yang memiliki indoor-garden juga sebanyak delapan kamar; serta Kemuning yang merupakan jenis kamar terluas, sejumlah dua kamar saja.

Rumah Turi
Penapakan jenis kamar Kemuning

Ruang makan tempat bersantap di Rumah Turi, adalah surga lainnya. Lantai, meja makan dan tempat duduknya terbuat dari kayu. Jendelanya yang berbukaan lebar selalu dibuka, sementara salah satu sisi dindingnya berupa separator taman vertikal yang langsung mengarah ke area terbuka di luar. Satu lemari berbentuk kotak-kotak bersusun, berisi koleksi buku-buku dan bacaan lainnya membuat semakin betah berlama-lama makan di ruangan tersebut

Rumah Turi
Suasana restoran di hotel Rumah Turi

Pepohonan hijau tampak mendominasi seluruh bangunan. Mulai dari pot-pot kecil yang dimanfaatkan sebagai separator berbentuk taman vertikal, tanaman bersulur yang dijadikan pergola pada jembatan penghubung, hingga rerumputan yang ditumbuhkan pada dak atap-atap teras kamar. Sebuah pot berisi flora air dan menjadi kolam kecil yang selalu meluapkan isinya, memperdengarkan gemericik air yang menambah kesejukan serta ketenangan bagi siapapun yang mendengarnya.

Cerita Lain: Yuk kondangan ke Lampung!

Dengan menawarkan pelayanan superior dan sejumlah fasilitas kepada para tamu hotel, Rumah Turi Green Boutique Hotel berkomitmen untuk menjaga kenyamanan penginapan Anda semaksimal mungkin. Untuk menyebutkan beberapa fasilitas hotel ini, terdapat fasilitas rapat, sewa sepeda, coffee shop, tour dan layanan kamar. Harga kamar mulai dari Rp300.000 per malam.

Leave a Reply