SABANG : It is not a Noun, It’s Verb

Iboih Inn Resort, Iboih Sabang

Dalam pelajaran bahasa indonesia, Pengertian kata kerja adalah semua kata yang menyatakan perbuatan atau kegiatan. Secara sederhana, kata kerja ini dapat dipahami sebagai kata –kata yang mengandung makna untuk melakukan suatu perbuatan.  berbeda halnya dengan kata benda yang menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Bagi sebagian orang, sabang adalah sebuah pulau, yang terletak diujung barat indonesia , pulau terluar yang berbatasan langsung dengan samudera hindia, adalah tujuan sekaligus tempat wisata yang dapat di nikmati bersama teman maupun keluarga. Tapi bagiku, sabang bukanlah sebuah “tempat” melainkan sebuah “kegiatan”.

 

Sebagai seorang mahasiswa perantau yang menempuh study di salah satu universitas negeri  di Banda Aceh, bukanlah sebuah hal yang sulit bagiku untuk mengunjungi pulau yang sering disebut sebagian orang sebagai “pulau weh” ini. Hanya bermodalkan kendaraan roda dua, aku dapat menempuh sekaligus menjelajahi setiap lokasi wisata yang terdapat di pulau ini.

Tiket penyeberangan Banda aceh - Sabang
Tiket penyeberangan Banda aceh – Sabang

Biaya yang dikeluarkan pun sangat terjangkau, kurang lebih Rp.50.000 untuk sebuah tiket kendaraan roda dua beserta satu penumpangnya. Perjalanan dengan kapal ferry dari pelabuhan Ulee lheue  di banda aceh menuju pelabuhan balohan yang terdapat disabang dapat dapat ditempuh dengan waktu 1 jam 30 menit. Terdapat sebuah alternatif perjalanan yang lebih cepat dengan menggunakan kapal cepat express tetapi dengan biaya yang lebih mahal juga tentunya.

 

Kapal cepat maupun Kapal Lambat , begitu masyarakat menyebutnya, meimiliki 2 jadwal keberangkatan setiap harinya. Jadwal tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung akan jumlah dan musim liburan. Dalam beberapa kesempatan, bahkan kapal tersebut bisa hingga 4-5 kali keberangkata ketika hari libur tiba.

 

Sabang for me it’s not a noun, it’s verb

Di depan Benteng Jepang, Anoi Itam, Sabang
Di depan Benteng Jepang, Anoi Itam, Sabang
pantai pasir hitam, Anoi Itam, Sabang
pantai pasir hitam, Anoi Itam, Sabang

Sabang : Dari Mata Turun ke Hati

 

Sebagai seorang mahasiswa yang bukan berasal dari daerah aceh, sabang adalah sebuah tempat yang sangat banyak dibicarakan jika oleh orang lain jika menyangkut tentang destinasi wisata di pulau sumatera. Tetapi, kunjunganku yang pertama ke sabang bukanlah di tahun pertama ku menempuh study di kota serambi mekkah ini.

 

Aku harus menunggu di tahun kedua untuk dapat berkunjung ke pulau yang terkenal dengan tugu nol kilometer indonesianya itu. Aku harus menunggu hingga beberapa temanku dapat meluangkan waktunya untuk menemaniku berkunjung ke tempat ini.

Kesan pertama pada pulau ini sewaktu pertama kali mendatanginya adalah “this is what i want“. bak sebuah lirik lagu yang diciptakan oleh seorang  legenda musisi  indonesia, A.Rafiq.

 

Pandangan pertama awal aku berjumpa
Membuat aku rindu ingin slalu berdua

 

It’s Like a Morfine, It’s Addicted

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tempat berjemur favorit para wisatawan, Yulia Resort, Iboih , Sabang
Tempat berjemur favorit para wisatawan, Yulia Resort, Iboih , Sabang

 

 

 

 

Di Depan Masjid Agung Babussalam, Sabang
Di Depan Masjid Agung Babussalam, Sabang

For more information :

  • twitter : @mizinello
  • ig : @_tramud

Leave a Reply