Sehari Mengitari Nusa Penida

Perjalananku kali ini terbilang sangat singkat, hanya punya waktu 7 jam untuk menikmati indahnya Pulau Yang ada di ujung Bali, Pulau yang bernama Nusa Penida ini sebenarnya  tidak dalam rencana untuk berwisata ke Nusa Penida kenapa karena dengan waktu sesingkat itu amat sangat terasa kurang untuk menikmati keindahan Pulau ini.
Nusa Penida adalah pulau yang masuk dalam kawasanan Bali, masih sangat minim orang yang mengetahui bahwa Nusa Penida memiliki keindahan yang sangat luar biasa indah, ya tidak usah banyak omong mari langsung saya ceritakan perjalanan menitari Nusa Penida.
Kring kring suara Alarm berbunyi sangat kuat membuat aku bangun terperanjak seakan ada gempa, wah ternyata waktu sudah menunjuk jam 7 pagi waktu indonesia tengah ku bangunkan kawan yang satu penginapan denganku dan bersiap merapikan diri, 15 menit kemudian semua sudah rapi dan siap berangkat, karena jarak dari penginapanku ke sanur cukup jauh dan kami tidak memiliki kendaraan pribadi kamipun memanggil jasa angkutan online, tidak lama kemudian angkutan onlinenya datang, pesan kendaraan pak kata pak supir yang ada di dalam, oh ia pak sambil membuka pintu mobil. ke sanur ya pak, ia pak cepat yah takut terlambat.
Public Boat
Penginapanku Berada di daerah Tuban untuk menuju Sanur membutuhkan waktu sekitar 30 menitan menggunakan kendaraan bermotor, setelah 30 menit kami pun sampai di Sanur beach kami keluar dari mobil dan membayar ongkos. dan berkeliling-keliling mencari loket tiket, akhirnya kami menemukan loket tiket yang berjejer sepenjang jalan di pantai sanur,  tiket penyebranganpun dibeli dengan biaya 75.000 rupiah perorang untuk sekali jalan jadwal keberangkatan jam 8.30, oh ia  di sarankan jika tidak menginap beli tiket pulang pergi saja karena takut jika tiket pulang ke bali habis.
Boat Sanur – Toya Pakeh
Karena waktu kebernagkatan kapal menuju sanur masih setengah jam lagi saya dan teman membeli sarapan ,kami berdua membeli nasi soto yang berdekatan dengan loket penjualan tiket, nasi soto lumayan enak dengan harga 15.000 perporsi dan es teh 3.000 pergelas. hmm kenyang. emang sudah takdir kali selesai sarapan pengeras suara dari loket berbunyi menyuruh penumpang yang sudah memiliki tiket untuk menaiki kapal kamipun bergegas menaiki kapal. kurang dari 5 menit semua penumpang sudah naik dan kapal berangkat menuju pelabuhan Toya Pakeh di Nusa Penida. jangan harap perjalanan di laut menuju Nusa Penida ini tenang, Karena Ombak di sini cukup bergairah menggoyang-goyang kapal yang kami tumpangi sesekali penumpang berteriak dan ada juga yang mengucap. wah emang penuh tantangan 1 jam yang amat terasa di kapal akhirnya selesai, kamipun sampai di Pelabuhan Toya Pakeh sampai di pelabuhan banyak yang menawarkan jasa sewa ojek atau Guide mengelilingi Nusa Penida,
Aku berunding sebentar dengan kawanku dan di putuskan kami hanya menyewa motor tanpa guide, biaya sewa motor 80.000  bensin dengan bensin penuh. sambil bertanya sama pemilik motor daerah mana saja yang berdekatan dan cukup untuk mengelilinginya sehari pemilik motor menyarankan untuk ke timur tanpa pikir panjang kamipun pergi ke timur,, seperti anak ayam yang hilang dari induknya setelah 20 menit berjalan dan menjumpai pertigaan mulailah kebingungan dan kegundahan itu tiba lihat hp tidak ada sinyal bingung entah mana arah yang harus di tuju. lihat kiri-kanan tidak ada orang hampir 5 menit berhenti di pertingaan akhirnya ada orang yang lewat kamipun bertanya dan di arahkan kami menuju daerah spot yang pertama.
DCIM100MEDIA
Kelingking Beach
Jalan di Nusa penida ini kurang bagus aspal yang sudah hancur dan berpasir, sekitar 30 menitan akhirnya kami sampai di spot yang pertama namanya Kelingking Baech biaya masuk wisata 5.000 per motor asik di sini berfoto sambil lihat pemandagan yang indah tidak terasa waktu sudah jam 12 siang, kamipun bergegas ke spot yang kedua.

Dari Kelingking Beach menuju spot yang kedua yaitu Broken Beach membutuhkan waktu sekitar 40 menitan jalan ke sini semakin parah, jalanya bekas batu karang yang di timbun dan jalannya naik turun. masuk broken beach ini tidak di kenakan biaya, lumayankan menghemat dana, spot yang Ketiga namanya Angelbilabong jarak dari Broken Beach ke Anggelbilabong sekitar 500 meter. sudah selesai menikmati dan berfoto kami menuju spot yang terakhir Namanya Crystal Bay.

Broken Beach

Dari Anggelbilabong Beach ke Crystal Bay membutuhkan waktu 40 menitan dan asiknya jalan menuju kesini sudah bagus dan banyak penginapan-penginapan keren,  tapi 1 km menuju Crystal bay kami mendapat tantangan jalan yang menurun kebawah yang cukup curam, kami sangat berhati-hati menuruni jalan ini dan motor yang kami gunakan seakan tidak berjalan karena selalu di rem. takut  jika salah ntar masuk jurang. huft jalan di lalui dengan aman, sesampai di Crystal bay kami dikenakan biaya parkir 5.000 permotor, informasi di crystal bay ini adalah tempat untuk snorkeling dan diving jika lagi beruntung kita bisa menjumpai manta ray dan ikan mola-mola. karena kami gak snorkeling jadi ya gak lihat apa-apa, hanya pantai yang indah.

DCIM100MEDIA
Crystal Bay

Kring kring hpku berbunyi ternyata dari pemilik motor, dia mengabarkan bahwa tiket untuk pulang kami ke sanur sudah di booking dan di harapkan jam 15.15 sudah ada di pelabuhan, mendengar kabar itu kamipun langsung bergegas dan pergi meninggalkan Crystal Bay, sekitar 30 menit kami sampai di pelabuhan toya kampeh dan menelpon kembali pemilik motor, tiba-tiba dari belakang ada yang menepukku huff ternyata pemilik motor, bukan di sini pelabuhannya mas tapi 12 Km lagi dari sini hayuk saya ikut naik motor bertiga kita kesana. kamipun naik motor bertiga dan menuju pelabuhan Mola-Mola. karena nama kapal yang kami kendarai untuk pulang adalah kapal Mola-mola dan biaya sama 75.000 per orang.