Sepotong surga di Ranah Minang – Pantai Carocok

Sumatera Barat merupakan tujuan pariwisata yang tidak kalah indahnya jika dibandingkan dengan tempat-tempat yang memang sudah terkenal, seperti Bali, Lombok, maupun Belitong. Provinsi yang satu ini terletak di Bumi “Andalas”, sebutan menarik yang diberikan untuk Pulau Sumatera. Banyak objek wisata alam dan budaya yang mencerminkan bahwa provinsi ini memang layak dikunjungi wisatawan.

Menyebrangi salah satu pulau di sekitar Pantai Carocok
Menyebrangi salah satu pulau di sekitar Pantai Carocok

Saat ini, saya akan menceritakan tentang Pantai Carocok yang berada di Kabupaten Pesisir Selatan Painan. Terakhir saya mengunjungi Pantai ini pada tahun 2012 lalu, saat liburan bersama teman-teman organisasi saya (AIESEC). Beberapa dari mereka merupakan mahasiswa luar negeri yang sedang melaksanakan pertukaran mahasiswa di kampus saya, Universitas Andalas. Kami berangkat dari kota Padang menggunakan mobilΒ yang kami rental. Jarak tempuh dari Kota Padang ke Painan sekitar kurang lebih 80 km dalam waktu 2 jam perjalanan melewati Pelabuhan Teluk Bayur. Perjalanan ini membuat kita melewati daerah bukit dimana jalan yang digunakan akan diapit oleh tebing dan pemandangan laut dari atas bukit. Setelah menuruni bukit, maka sampailah di Pantai Carocok dimana banyak sekali keindahan yang bisa dinikmati.

We glad to know such a good lanscape
We glad to know such a good landscape

Selain Pantai Carocok, terdapat juga objek wisata Bukit Langkisau yang jaraknya tidak jauh dari Pantai. Jalan yang harus ditempuh berupa bukit berliku-liku dan curam, jadi memang dibutuhkan keahlian dalam membawa kendaraan untuk bisa sampai ke puncak bukit. Waktu itu kami pergi di siang hari, panas terik tetapi menyenangkan. Dari puncak bukit kami bisa melihat pemandangan sekitar Kota Painan.

Menyusuri jembatan kokoh di panas terik
Menyusuri jembatan kokoh di panas terik

Banyak sekali kegiatan yang berlangsung di sekitar Pantai Carocok dan Bukit Langkisau, terutama saat Ulang Tahun Kota Painan misalnya pelaksanaan Festival Bukit Langkisau. Sayangnya saat itu bukan akhir pekan, jadi kami tidak bisa menikmati olahraga paralayang maupun banana boat.Β 

Pemandangan dari Puncak Bukit Langkisau menyejukkan hati
Pemandangan dari Puncak Bukit Langkisau menyejukkan hati

A picture is worth a thousand words, but the memories is priceless.
How about you? πŸ˜€

Indonesian female who wants to see the world with her own dream ~ didianafitriA bachelor of economic faculty from Andalas University, one of the top ten universities in Indonesia. Has a major interest on financial, people and culture matters since in senior high school. Actively participated in global student organization named AIESEC which focus on leadership and exchange programs, runs by students in more than 120 countries.Now, working at PT. Telekomunikasi Indonesia as a Internal Auditor since February 2016 and recruited by Management Trainee program.

Leave a Reply