Serunya River Tubing di Mencerit

tmp-cam-267402568

Ingat masa kecil bermain-main di sungai dengan ban dalam? Masa-masa menyenangkan nan indah. Atau bermain tubing di water park? Bagaimana kalau keduanya digabungkan?
Yap, River Tubing, sebuah petualangan yang mengasyikan­čśâ
´┐╝

Bermain Tubing di Sungai Mencerit, desa Pringgasela, kecamatan Pringgasela, Kabupaten Lombok Timur adalah satu yang seru. Sungai ini memiliki riam-riam menantang untuk ditaklukkan dengan tubing. Melakukan river tubing pada musim penghujan semakin menantang karena debit air yang semakin besar membuat arusnya semakin deras. Perpaduan arus air dan tebing akan memelintir tubing membuat kita berputar terhempas dan bahkan, terbalik! Tapi jangan khawatir pemandunya sigap menangkap dan menyelamatkan.

Melakukan river tubing di sungai Mecerit tidak hanya soal arus deras dan gugusan batu dengan riam-riam menantang. Puas terhempas dan terpelintir ada saatnya kita menikmati alam yang indah, juga penduduk yang ramah menyapa karena arus air yang sudah tidak bergolak. Dan siap-siap pula memasuki gua-gua kecil.

Sebenarnya bukan benar-benar gua, lebih tepatnya terowongan alami dengan kekhasannya masing-masing. Terowongan pertama disebut Gua Virgin. Entah apa hubungannya dengan virginitas, gua sempit ini hanya cukup dilalui satu tubing dengan pergerakan sangat terbatas. Tampak agak mustahil melewati gua ini, tapi nyatanya kita akan berhasil lolos.

Gua berikutnya disebut Gua Batman. Alasan penamaan ini adalah kondisi gua yang gelap gulita, seolah-olah menjadi sarang kelelawar. Padahal tidak ada kelelawar sama sekali. Melewati gua ini benar-benar hanya bergantung pada arus air.

tmp-cam-1084348582
´┐╝Dan gua terakhir disebut Gua Spider. Ya, gua yang tidak lebih panjang dari gua Batman ini membuat kita membawa oleh-oleh laba-laba yang banyak bersarang di dalamnya. Tapi jangan khawatir, laba-labanya tidak berbahaya, kok.

tmp-cam-1296097013

´┐╝Untuk yang tak bisa lepas dari foto-foto, banyak spot foto menarik di sepanjang lokasi.

Perjalanan menyusuri sungai Mencerit dengan tubing ini bisa memakan waktu 1.5, sampai 2 jam. Perjalanan dibagi dalam dua tahap dengan satu kali istirahat. Cukup membayar Rp.150k untuk aktivitas ini. Itu sudah lengkap dengan transportasi ke lokasi, juga dokumentasi.
´┐╝img_20161220_115231

Tertarik? Berkunjunglah ke Desa Pringgasela di Kabupaten Lombok Timur, NTB. Usai River Tubing, ada sederet art shop yang menyediakan kain tenun cantik, baik dengan pewarna buatan maupun alami, yang bisa dijadikan oleh-oleh. Harganya mulai Rp.200k saja.

Ibu rumah tangga yang nyambi kerja kantoran, melayani masyarakat. Senang membuat kue dan bahagia menulis cerpen.

Leave a Reply