SILVIA TRAVEL ESSENTIAL

Post

Taman Sari - Yogyakarta

 

Bagiku, travelling adalah hal wajib yang dilakukan minimal setahun sekali. entah mengunjungi tempat baru atau tempat yang pernah aku kukunjungi sebelumnya, bisa jadi hanya di dalam negeri atau bahkan hingga ke manca negara. Yang pasti, setiap kali akan travelling, mencari tahu “medan” dan mencatat semua hal yang akan dibawa ketika travelling, bagiku wajib hukumnya membuat “list” yang nantinya harus sudah ter “check” malam sebelum aku berangkat.

Blue Point - Bali
Blue Point - Bali

Aku tipe orang yang sedikit ribed dalam mempersiapkan segala hal, apalagi untuk urusan travelling. Kadang beberapa teman sering kali geleng-geleng melihat bawaanku ketika akan berangkat, tapi di sisi lain beberapa item yang kubawa seringkali berguna ketika dalam keadaan genting.

Berikut ini adalah barang-barang yang biasa kubawa ketika akan Travelling,,

  • DOMPET

cb182e4a-247b-44d9-8282-27a065d378f7

Ini adalah benda paling wajib yang pasti harus dibawa ketika aku travelling. Akan tetapi aku tidak membawa dompet yang biasa kubawa sehari-hari, melainkan membawa “travel wallet” . aku tidak tahu, bagaimana orang kebanyakan menyebut dompet ini, yang pasti dompet ini ukurannya sedikit lebih besar, ramping dan memiliki banyak kantong. Sehingga dengan menggunakan dompet ini aku bisa memasukan segala hal penting di dalamnya, mulai dari uang, kartu identitas, atm, kartu-kartu lainnya, tiket kereta/pesawat, bukti print hotel, paspor, hingga notes kecil dan pena.

a20a40f8-46f5-4bb0-99e1-48f3953134e8

  • PAKAIAN GANTI

893dd5a1-67ee-4b6c-944e-7d4581b5ec68

Hal wajib kedua, yang harus dibawa saat aku travelling adalah pakaian ganti. Sedikit cerita, beberapa waktu lalu, aku sering sekali over membawa pakaian sehingga menyebabkan tas atau koper penuh dan sesak, padahal hingga liburan habis beberapa baju tidak terpakai sama sekali. Dari hal tersebut aku belajar banyak, sehingga saat ini ketika travelling aku hanya membawa dua bawahan (biasanya dua-duanya celana jeans), beberapa kaus (tergantung  berapa lama, dan biasanya aku membawa lebih satu kaus untuk berjaga-jaga), pakaian dalam, dan satu pakaian tidur. Dan untuk menghemat tempat, biasanya aku sangat menghindari untuk membawa aksesoris tambahan, dan menggulung pakaian agar nantinya pakaian tetap rapi, serta menempatkannya di dalam “travel pouch”.

46b01b47-5318-46de-b620-c885fd321b7b (1)

  • SKINCARE, BODYCARE & MAKEUP

Namanya wanita, gak akan pernah bisa jauh-jauh dari merawat wajah dan tubuh meskipun mereka berada di tempat yang jauh dari rumah, dan begitupun denganku. Ini mungkin terdengar agak sedikit ribet dan memakan banyak space di dalam travelling bag yang dibawa, akan tetapi percayalah, bagiku membawa tiga pouch yang masing-masing berisikan skincare, bodycare dan makeup akan memudahkanku untuk membongkar travelling bag ketika sampai hotel, memisahkan mana yang ditaruh di kamar dan di kamar mandi, memudahkan ketika terburu-buru untuk packing, serta meminimalisir barang-barang hilang atau tertinggal di hotel ketika travelling.

fc51885b-ad52-4a30-a7c1-036be0ba14ae

  • GADGET

Namanya travelling, kalau gak ria’, kalau gak pamer di media sosial, kalau gak upload foto bagus di instagram rasanya ada yang kurang dan itu hukum wajib yang harus dilakukan setiap traveller hampir di seluruh belahan dunia. Salah satunya aku. Itu kenapa setiap travelling dua kamera wajib (mirrorless dan action camera) dan Handphone menjadi penghuni tetap travel bag, diikuti “sanak saudara” lainnya, seperti; baterai cadangan tiap kamera, charger tiap kamera dan handphone, waterproof case, monopod dan tripod. Lagi-lagi untuk mencegah printilan-printilan tersebut hilang, aku pasti menempatkannya di pouch tersendiri.

4129f016-556f-46ac-9430-13040ccde2f8

  • OBAT-OBATAN

Mama seringkali mengejekku “dasar gak bisa diajak jadi orang kaya” setiap kali aku mengeluh kedinginan karena AC, entah AC di kendaraan selama perjalanan atau AC di kamar hotel yang aku rasa terlalu dingin (tapi menurut yang lain tidak) dan biasanya kalau sudah merasa overdosis AC, penyakt kambuhanku seperti mual, pusing bahkan diare suka sering kambuh. Itu kenapa obat-obatan juga wajib kubawa setiap kali aku travelling, biasanya sih obat yang kubawa gak jauh-jauh dari tolak angin, minyak kayu putih, koyo, handsaplast sampai vitamin dan obat sakit tenggorokan.

f8884df2-77ae-4851-b08b-0cbf1ff014fe

  • BUKU BACAAN

Terkadang perjalanan darat yang panjang, atau menunggu waktu check in yang lama agak sedikit membosankan bagiku. Itu kenapa buku menjadi salah satu item wajib yang harus kubawa ketika travelling, sekedar untuk menghilangkan bosan atau membunuh waktu.

6249db53-3646-4484-b93c-7086d5ae4aa0

And it’s a wrap!! Itu adalah item wajib yang biasa kubawa ketika travelling. trus ketika ada yang Tanya, kok gak bawa handuk, kok ga bawa sabun mandi, kok ga bawa shampoo? Untuk hal tersebut aku sepenuhnya mengandalkan dari hotel. Sementara untuk urusan alas kaki, aku selalu memakai sepatu, terkadang jika malam hari ingin berjalan-jalan yang letaknya tidak jauh dari hotel tempatku menginap aku selalu menggunakan sandal hotel. Dan di akhir cerita, “perjalanan mengajarkanku akan banyak hal” tidak hanya apa yang kudapat dari travelling, tapi dengan seringnya aku travelling aku juga belajar menjadi bijak, item apa saja yang harus kubawa tanpa membuat travelling bag menjadi penuh, karena pada akhirnya space longgar di travel bag akan jadi space untuk menyimpan oleh-oleh.

Benteng Vredenburg - Yogyakarta
Benteng Vredeburg - Yogyakarta

 

Apa kata heroes lainnya?

You must be logged in to post a comment.