Spot Asik untuk Snorkeling di Pantai Sadranan Yogyakarta

Liburan tentunya adalah saat yang paling dinantikan. Untuk saya pribadi, kota Yogyakarta adalah destinasi liburan di dalam negeri yang punya magnet tersendiri, karena selalu membuat ingin balik lagi dan lagi dan lagi.. *selain costnya ramah dengan isi rekening tentunya.. hahaha..*

Sekitar dua tahun lalu, saya berkesempatan untuk berlibur ke Yogyakarta. Salah satu lokasi yang ada di itinerary saya adalah berkunjung ke pantai Sadranan. Saat itu, pantai Sadranan masih tergolong baru. Pantai ini terkenal dengan kejernihan airnya, sehingga jika kita berkunjung ke pantai ini kita bisa melakukan aktivitas snorkeling. IYA SNORKELING!

sadranan-lagih

Pantai Sadranan adalah sebuah pantai yang terletak di Yogyakarta, tepatnya berada di Padukuhan (Dusun) Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul ini saya harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 30 sampai dengan 45 menit dari objek wisata Goa Pindul. Katanya sih Pantai Sadranan yang terletak di sepanjang gugusan pantai Gunungkidul ini tepatnya berada di sebelah timur Pantai Krakal atau sebelah barat Pantai Ngandong dan Pantai Sundak.

Sebenernya perjalanan menuju Pantai Sadranan itu tidak terlalu jauh. Hanya saja akses menuju lokasi pantai Sadranan melalui jalan yang lumayan berbatu dan sedikit berliku, sehingga membuat perjalanan terasa agak lama. Ada yang seru selama perjalanan! Di sepanjang jalan menuju Pantai Sadranan itu ternyata banyak banget penjual camilan dari belalang kayu lho! Belalang kayu digoreng, terus dibumbuin gitu. Jadi ya, ada belalang kayu goreng rasa asin, rasa pedes, dan berbagai rasa lainnya. *nggak termasuk rasa yang pernah ada lho ya.. hahaha..* 

Spot Asik untuk Snorkeling di Pantai Sadranan YogyakartaTerbujuk rasa penasaran, saya pun membeli satu bungkus kecil belalang kayu goreng, kemudian menyantapnya. Rasanya? Crunchy, gurih, tapi geli! Nggak pernah ngebayangin akhirnya nyoba juga makan belalang kayu berbumbu yang digoreng renyah.. Secara biasanya saya tuh nemu belalang kayu di semak-semak.. Hihi..

Back to the story ya gaes! Sesampainya di Pantai Sadranan, perjalanan yang terasa lama dari kota Yogyakarta pun terbayar kontan dengan berbagai keindahan yang saya temui! Saya tidak menyangka, keindahan Pantai Sadranan membuat saya terkesima dan termangu cukup lama. Pesona birunya langit, hamparan pasir putih yang terasa hangat dan lembut, jernihnya air laut yang membentang nan bening karena diterobos oleh sinar matahari, ditambah dengan sepinya suasana pantai ini akan menimbulkan rasa takjub sekaligus menimbulkan kesan romantis di dalam dada. Tsahhh.. Mungkin saya terkesan lebay. Tapi coba kamu cek sendiri rekaman keindahan alam Pantai Sadranan yang berhasil saya tangkap dalam foto-foto berikut ini..

snor-kc-3 Bukan hanya untuk menikmati pemandangan alam, berkunjung ke Pantai Sadranan pun membuat kita berkesempatan untuk menikmati keindahan bawah laut dengan melakukan wisata snorkeling lho! Dengan merogoh kocek Rp50.000,00, kita sudah bisa menikmati wisata snorkeling di Pantai Sadranan dengan fasilitas guide sekaligus sewa peralatan snorkeling, yaitu masker, snorkel, sepatu selam, dan pelampung. 

Pantai Sadranan Yogyakarta

Jasa penyewaan underwater camera pun disediakan di Pantai Sadranan dengan harga Rp.20.000,00. Saya pun menggunakan jasa penyewaan underwater camera untuk kepentingan dokumentasi.

Pantai Sadranan Yogyakarta Underwater

Snorkeling Pantai Sadranan Yogyakarta 1

Snorkeling Pantai Sadranan Yogyakarta 2

Snorkeling Pantai Sadranan Yogyakarta 3

Awalnya sih saya sempet agak deg-degan mau nyoba snorkeling. Tapi berkali-kali guide snorkeling saya mengingatkan untuk tidak panik. Bahkan menurut keterangan guide saya yang sabar tersebut, orang yang tidak bisa berenang pun pasti akan bisa melakukan snorkeling asal mengikuti tips berikut: 

1. Sebelum memulai snorkeling, biasakan latihan bernafas menggunakan snorkel, yaitu menarik dan menghembuskan udara melalui mulut.

2. Pastikan masker kencang menutupi wajah & hidung dan pastikan juga tali pelampung kamu dalam keadaan kencang. 

3. Nggak usah ngegerak-gerakin badan ketika snorkeling. Ikutin aja arus air laut supaya badan nggak kerasa capek. Tapi jangan terlena sama keindahan bawah laut dan diem aja ngikutin arus juga sih. Sekali-sekali cek lah ke atas permukaan laut ya! 

Karena saya mengikuti pesan sang guide dengan baik dan benar, akhirnya saya sampe juga ke level seafie alias selfie di laut. Hihi..

Snorkeling Pantai Sadranan Yogyakarta 6

Main-main di pantai sambil menikmati keindahan pemandangan alam dan pemandangan bawah laut di Pantai Sadranan tuh beneran bisa bikin hati dan pikiran kita menjadi fresh dan tenang lho! Sumpah! Itu sebabnya di Yogyakarta trip kali ini tujuan utama saya adalah ke pantai. Kesimpulan dari saya, datang ke Pantai Sadranan tuh efeknya dahsyat banget karena kemana pun pandangan saya layangkan, membuat saya memuji Tuhan akan keagungannya dalam menciptakan keindahan alam yang ada di depan mata saya.

Pantai Sadranan Yogyakarta
Langit, pasir pantai, dan air laut berpadu memanjakan mata..

Gimana kalau menurut kamu Pantai Sadranan ini? Ada yang sudah pernah mengunjunginya? Jika kamu punya rencana berlibur dalam waktu dekat ini, nama Pantai Sadranan ini bisa dimasukkan di travel bucket list kamu lho! 😉

Leave a Reply