Tempat Rahasia, Goa Susu dan Kolam Air Panas Rinjani

Post

Gunung Rinjani menjadi salah satu favorit para pendaki, tidak hanya pendaki lokal tapi juga mancanegara. Banyak yang sepakat, alasan menjadikan Rinjani sebagai favorit adalah lengkapnya keindahan alam mulai dari gunung, danau, dan air terjun. Namun banyak yang belum tahu bahwa Rinjani menyimpan tempat-tempat tersembunyi, beberapa diantaranya adalah Goa Susu dan kolam air panas. Karena medannya yang lumayan sulit dan jalur yang gampang banget bikin nyasar, jarang pula porter yang mau mengantar.

Perjalanan ke Goa Susu, menembus kabut tebal, melintasi alang-alang, naik turun lembah dan bukit
Perjalanan ke Goa Susu, menembus kabut tebal, melintasi alang-alang, naik turun lembah dan bukit

Lokasi Goa Susu dan kolam air panas bisa ditempuh dari camping ground danau segara anak selama 45 menit sampai satu jam. Kolam air panas di Rinjani sejatinya ada beberapa lokasi. Yang paling dekat adalah yang dekat dengan air terjun, namun kolamnya kecil dan harus bergantian jika ingin berendam. Sedangkan kolam di area Goa Susu ada beberapa buah dengan level panas yang bermacam-macam. Goa Susu dan kolam air panas sering dikunjungi oleh penduduk desa di kaki Gunung Rinjani untuk mengobati berbagai penyakit, seperti penyakit kulit, asma, maupun penyakit dalam.

Kolam Air Panas di area Goa Susu
Kolam Air Panas di area Goa Susu
Goa Susu dilihat dari jauh
Goa Susu dilihat dari jauh
Goa Susu dari dekat
Goa Susu dari dekat

Masuk ke dalam Goa Susu cukup sulit, yaitu harus merunduk melewati mulut goa yang kecil dan ditambah aliran air dari dalam goa yang menumbuhkan lumut-lumut sehingga rawan terpeleset. Di dalam goa, ada beberapa lubang yang lebih sempit lagi yang hanya cukup untuk orang-orang yang badannya kecil. Suasana di dalam goa begitu pengap akibat uap air panas yang cukup banyak, jadi disarankan untuk tidak berlama-lama didalam goa.

Goa Susu dan kolam air panas sangat disarankan untuk dikunjungi. Bagi para pendaki, keletihan otot dan kepenatan pikiran dapat seketika terobati dengan berendam di kolam air panas dan bersemedi di Goa Susu. Selamat mencari dan mencobanya :)

Apa kata heroes lainnya?

You must be logged in to post a comment.