Toraja in Unique Graveyard

TORAJA…

Menurut gue ini adalah salah satu wishlist kota yang harus banget gue datengin sebelum gue meninggal hahaha Kenapa?

Jadi ceritanya ini semua adalah karena hasil karya dosen gue yang selalu bilang kalo “Toraja is one of the most unique city in Indonesia” . Dan gue penasaran dengan semua cerita dia dengan “Kerbau Albino, Tedongbonga, dan RambuSolo (Upacara Kematian) nya itu”. And well okay i’m promised to myself gue harus kesana setelah gue lulus kuliah. Dan ya bener aja dong sekitar setahun setelah gue lulus kuliah, Tuhan mengabulkan doa gue. Dan gue makin percaya dengan Law of Attraction (apa yang kamu imani terjadi, pasti akan terjadi). Yes it’s happen to me!

Okay well perjalanan pun dimulai…

Setelah mendapatkan rejeki lebih, akhirnya gue menekatkan diri buat ngebolang ke Toraja SENDIRIAN! Dengan kekuatan bulan dan hempasan angin dan ombak dan celaan semua orang yang membuat gue galau sebelum pergi, akhirnya gue nyampe juga di Sultan Hasanuddin Airport TRINGGGGG! Se nyampe nya di Makassar gue nginep dulu nih, muter2 Makassar sekalian, dan plus wisata kuliner pastinya. Okeh dan besokannya gue langsung menuju ke terminal bus tujuan TORAJA jo… Dan gue dpt bus di malam hari yesh yesh. Perjalanan takes time kurang lebih 9 jam. Dan gue super shock adalah bus nya BUAGUSSSSSS BUANGETTTTT cuy kayak pesawat gitu dah, bisa sampe tiduran segala… bener bener TOPPPP.

Jeng jeng jes perjalanan Single Traveling pertama kali di negeri sendiri diluar pulau Jawa … Agak ngeri ngeri sedap ya bro. Tapi apa daya ketika keinginan bergejolak apapun resiko nya harus dijalanin!

Dan beruntungnya begitu nyampe bus, gue ketemu Single Traveler Perempuan dari Jepang, dia orang Jepang tapi namanya China. Dan gue sampe nanya berkali kali, lu orang Jepang apa orang China? Ya mata sih sama sama sipit kan wkwk yasudahlah rejeki Barbie ternyata dia juga anak ilang yang gatau di Toraja mau ngapain. Lah lebih nekat lg nih anak. Even dia gatau mau tinggal dimana, kesana transport nya naik apa dan sebagainya. Dalam hati mikir “Ada ye manusia kyk begini, segitu pasrahnya kemanapun traveling itu membawa” . Senekat nekat nya gue, at least gue uda tau disana mau nginep dimana dan akan sewa mobil harian.

Okelah abaikan tentang China. Well akhirnya setelah melewati lembah yang jalanan nya bikin mabok melebihi naik KORA KORA dan Halilintar akhirnya nyampe juga lah gue di Tana Toraja.

Enaknya disini bus bisa berenti dimanapun lu mau, jd gue langsung diturunin depan hotel persis. Mantep ye bus gede rasa angkot ini sih.

Then abis mandi breakfast segala macem gue siap menyingsingkan lengan baju (duileh kayak mau perang dunia aje neng). Pokoknya gue ditawarin supirnya, Toraja itu ga gede gede amat, lu bs muterin kota ini 2 hari lu keliling keliling. Misalnya hari pertama Toraja Selatan, diexplore semua dan hari kedua nya Toraja Utara.

screenshot_2016-12-09-18-37-45_com-instagram-android_1481284030408

ini salah satu places of interest di Toraja and for your information jadi setiap orang yang meninggal ga dikubur di tanah, tapi di bebatuan kayak gini dan makin tinggi jabatan/kasta nya makin tinggi pula dikubur nya…terus kerennya lagi, mayat disini katanya untuk naik keatas bisa naik sendiri a.k.a bisa idup lagi, wah canggih bener. Pokoknya local people sini cerita, kalo upacara pemakaman nanti bakal ada sesepuh yang bacain mantra biar mayat nya bisa naik sendiri. Unfortunately pas gue disana gue ga sempet ngeliat exactly benerannya kayak gimana. Okeeee lanjuttttscreenshot_2016-12-09-18-37-55_com-instagram-android_1481283988886

Nah kalo ini nama nya Tau Tau tapi versi miniature nya. Dan gue yakin 100% kalo Madame Tussauds terinspirasi dari pengrajin disini wkwk sok tau ah kayak dukun. Jadi gini ceritanya… masih tentang dunia pemakaman… setiap orang yang meninggal harus dibikinin Tau Tau (orang orang an) nya dan harus sesuai sama persis sama asli nya dan makin rumit bentuk wajah nya harganya bakal semakin mahal hahaha makanya muka jangan pada dioperasi operasi ya broh. Abis gitu nanti bakal ditempel di kuburan nya masing masing gitu. Sabiiiii. Jd katanya nanti kalo melayat anak, cucu, cicit nya masih bisa tau bentuk nenek/kakek nya tuh kayak apa. Gitu sih katanya.

screenshot_2016-12-09-18-37-59_com-instagram-android_1481283968721

Bingung ga kenapa banyak banget tanduk kebo didepan rumah adat mereka? Ini dia yang bikin gue penasaran buat dateng ke Toraja. Jadi setiap ada orang/keluarga yang meninggal mereka harus potong kerbau yang which is katanya populasi kerbau di Toraja uda semakin langka gara gara kebanyakan dipotongin dan issue nya sekarang katanya banyak kerbau yang diurbanisasi dari Flores. Lah kebo aje pake urbanisasi segala ye… Okeh setelah kebo nya dipotong, tanduk nya dipajang deh didepan rumah, karena menurut mereka tanduk ini merupakan lambang prestige sebuah keluarga. Makin tinggi tanduknya berarti keluarga nya semakin kaya karena semakin banyak kerbau yang dipotong, dan juga besar kecil nya tanduk si kerbau jg melambangkan prestige juga, semakin besar kerbau dan tanduknya berarti kan semakin mahal. Dan uniknya lagi disini ada yang namanya kerbau albino. Yes saking unik dan langka nya dan kabar nya hanya ada di Toraja harga kerbau albino bisa mencapai MILYARANNNNN! Ya Tuhan mendingan buat gue invest beli rumah (jiwa enci enci keluar) . Ya katanya sih kalo keluarga Raja bisa beli kerbau albino ini lebih dari satu. Ya ya ya okelah dimakhlumi

screenshot_2016-12-09-18-38-03_com-instagram-android_1481283942682

Nah salah satu gue suka traveling ke kota yang gue blm pernah jelajahin adalah kenal sama orang orang local people nya. To be honest, awalnya gue super takut ke Toraja, firstly karena gue gatau penduduk local sana typical nya kayak apa. Tapi pas gue nyampe. Yaampun i’m just in love with them. Mereka open minded banget, super ramah dan asik buat diajak ngobrol. Seriously, ini gue ga boong. Apalagi pas gue kenalan sama anak anak ini. Mereka kayak polos dan have a pure heart banget gitu. Seneng banget pas gue foto foto. Senyuman nya lepas banget walaupun makan satu ice cream bertiga without electronic gadget dan cuman mainan perosotan dari triplek kayu. Gue bener bener salut sama anak anak ini.

screenshot_2016-12-09-18-37-50_com-instagram-android_1481284014526  Dan akhirnya gue merasa uda terlalu banyak curhat. Disinilah puncak nya semoga jangan bosen membaca tulisan dari isi hati saya ya haha well jadi ini adalah pemakaman yang gue rasa cuma ada satu satu nya di dunia yang tengkorak / rangka nya “digeletakin” gitu aja dong. Buset shock juga pas awal awal ngeliatnya. Tapi ini super unique graveyard i’ve ever know sih! Dan disini banyak puntung rokok dan kopi item. Katanya biar buyut buyut mereka tetep bisa merasakan merokoks sambil ngopi di alam sana. Hmmm lah ya gatau ya bener apa engga nya. Tapi i’ll appreciate every moment in here. Thankyou so much Toraja for that memorable experience ever!

Don't judge a book by it's cover. Seorang perempuan yang terlihat sangat perempuan tapi begitu Anda mengenal nya jiwa kebolangan nya melebihi anak hutan. Bisa hidup dan tinggal dimanapun berada, bisa kenalan dan ngobrol dengan siapa aja dari berbagai kalangan. Anaknya susah focus apalagi kalo disuruh ngerjain soal Matematika, mendingan buang aja aku kelaut, bang. Traveling adalah nafasnya dan bidang jurusan lulusan nya. Team gak takut item, gak takut ketinggian, tapi agak takut dengan kedalaman, apalagi kalo terlalu dalam mencintai seseorang cie elah gitu. Oke sekian dan terima kasehhhhhhh!

Leave a Reply