Traveling ke Lembang dan Bandung Barat

Perjalanan dimulai dari mess gue di Dayeuh Kolot, Kabupaten Bandung Selatan bersama ketiga orang teman gue, jadi kami berempat (cewek semua). Dari Dayeuh Kolot jam 6 pagi kami ke Jl. Muhammad Toha dulu untuk menyewa motor (tepatnya di gang sebelah rumah makan Ayam Lepas), tiba di M Toha jam 6.30 pagi karena hari itu hari minggu jadi motor yang disewakan ludes tersewa, tapi kata tukang sewanya ada dua motor yang akan dibalikin pagi itu juga, lalu kami menunggu sampai jam 8 pagi.

Setelah dapat motor sewaannya kami langsung tancap gas menuju arah Lembang. Jalur yang kami tempuh lewat alun-alun Bandung lalu ke Punclut (sampai di punclut sekitar jam setengah 10 pagi kami mengisi perut dulu dengan nasi merah khas Punclut) baru ke Lembang, kami sempat nanya-nanya arah jalan kepada orang dipinggir jalan karena kami tidak tahu arah jalan. Tujuan pertama kami adalah Observatorium Bosscha (tempat syutingnya film Petualangan Sherina) karena setau gue Bosscha bukanya dari jam 9 pagi sampai jam 1 siang, lalu jam 5 sore sampai jam 8 malam, kalau kesana sore takut pulangnya kemalaman.

 Setibanya kami di Bosscha ternyata kami harus kecewa karena Bosscha dibuka untuk umum hanya hari sabtu jam 9 pagi sampai jam 1 siang, karena hari itu hari minggu, jadi kami tidak bisa masuk. Tapi kami segera mengobati kekecewaan kami yaitu dengan mengunjungi tempat wisata tujuan selanjutnya yaitu Floating Market, karena jaraknya yang sangat dekat dari Bosscha gak nyampe 1 km, tapi jalanan dari Bosscha menuju Floating Market masih jelek (cuma bebatuan doang, tanpa konblok ataupun aspal). Tiba di Floating Market sekitar jam setengah 11-an, kami langsung parkir motor lalu masuk dengan membayar tiket masuk seharga Rp 10.000 tiket ini bisa ditukar dengan minuman, di dalam Floating Market kami menikmati pemandangan alam Bandung dan suasana penjualan diatas air, kami juga sempat membeli jajanan disana, untuk bisa menikmati jajanan disana harus membeli koin terlebih dahulu harganya ada yang Rp 5.000 dan Rp 10.000, di dalam Floating Market kami juga foto-foto tentunya.

Dari Floating Market lanjut ke tempat wisata berikutnya yaitu De`Ranch, dari Floating Market ke De`Ranch juga ternyata gak begitu jauh hanya sekitar 1 km, tiba di De`Ranch jam 13.00 WIB. Setelah memarkir motor kami membeli tiket masuk yang harganya Rp 5.000 tiket ini bisa ditukar dengan minuman susu sapi dingin. Di De`Ranch ini ada pacuan kuda, delman, dll tapi harus bayar lagi jika ingin menikmatinya. Di De`Ranch kami hanya minum susu hasil penukaran tiket tadi dan foto-foto aja, soalnya kami gak begitu tertarik untuk naik kuda, lagipula cukup merogoh kocek jika ingin naik kuda ataupun delman.

Selesai berfoto ria di De`Ranch sekitar pukul 2 siang kami melanjutkan tempat wisata lain yang ingin dikunjungi yaitu Dusun Bambu tapi yang ini letaknya bukan di Lembang melainkan di dekat Curug Cimahi, tepatnya di Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, jaraknya cukup jauh dari Lembang, kami juga sempat nanya-nanya arah menuju Cimahi ke orang yang kebetulan kami temui di pinggir jalan, karena kami tak tau arah.. Sampai di Cimahi juga kami bertanya lagi kepada orang sekitar dimana letak tempat wisata Dusun Bambu yang masih terbilang baru ini. Setelah berkelana menyusuri jalanan Bandung dan sempat bertanya-tanya pada orang sekitar akhirnya kami menemukan gang menuju Dusun Bambu. Lalu kami masuk ke dalam dusun bambu dengan membayar tiket masuk seharga Rp 10.000, karena kami nyampe disananya udah agak sore, sekitar jam 3an jadi kami disini hanya sebentar, untuk sekedar foto-foto, taket pulangnya kemalaman. Di Dusun Bambu ini menyediakan mobil gratis untuk mengantar para pengunjung ke tempat-tempat yang ada di Dusun Bambu.

Lalu kami melanjutkan perjalanan pulang ke arah Dago, sebelum pulang kami sudah berniat untuk nonton open mic stand up comedy @StandUpIndoBdg di bober cafe jalan riau, sampai di bober cafe jam setengah 8an. Ternyata disana lagi ada seleksi streetcomedy4 regional Bandung dan yang tampil sudah urutan belasan, kami menonton acara tersebut sampai komika no urut terakhir 33 yaitu adik kelas gue di kampus (cowok) tampil.

Sekian petualangan ke Lembang untuk ke Bosscha (tapi belum kesampean masuk ke Bosscha, karena pas kesana tutup) lalu ke Floating Market dan De`Ranch. Saran nih buat para pembaca kalo mau ke Lembang mending kunjungi tiga tempat ini sekaligus karena jaraknya berdekatan jadi perjalanan jauhnya gak sia-sia karena bisa mengunjungi tiga tempat wisata sekaligus, eh tapi kalau mau ke Bosscha ingat ya buka untuk umumnya cuma hari sabtu jam 9.00-13.00. Lalu ke Dusun Bambu di Kabupaten Bandung Barat and finally nonton audisi streetcomedy4 di Bober Cafe.

I like joke, sport and traveling

Leave a Reply