Eksotis-nya Trenggalek “Kota wisata dan Budaya”

Trenggalek – Kota yang terletak di bagian selatan pulau Jawa dan Kabupaten yang terletak dibagian selatan Provinsi Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia ini menawarkan berbagai macam destinasi pariwisata dan budaya lokal. Dan yang paling terkenal akan nilai sejarahnya adalah Minak Sopal dan Gajah putihnya.

Sejarah 

Salah satu tokoh terkenal di Trenggalek adalah Dyan Arya Menak Sopal lebih dikenal nama Menak Sopal, salah seorang bupati atau penguasa Trenggalek. keterangan resmi mengenai Menak Sopal belum banyak ditulis, akan tetapi situs berupa makam dapat dijumpai di dusun Bagong, kelurahan Ngantru, kecamatan Trenggalek. Menak Sopal dikenal sebagai pahlawan bagi kaum tani di Trenggalek, usahanya untuk membangun sebuah dam atau waduk beserta saluran irigasi yang menyertainya berkembang menjadi sebuah legenda yang mengiringi tradisi sedekah bumi yang sampai saat ini dilaksanakan oleh kaum tani di kelurahan Ngantru pada bulan Sela. Konon, saat membangun waduk tersebut, Menak Sopal dan pengikutnya mengalami kesulitan karena selalu saja bangunan yang membendung kali Bagong itu jebol. Setelah bertapa beberapa hari akhirnya, Menak Sopal mengetahui jika penyebab jebolnya bangunan waduk tersebut karena ulah siluman bajul putih yang menguasai sungai tersebut. Setelah bertemu dengan siluman bajul putih, akhirnya sang siluman bersedia untuk tidak mengganggu pekerjaan besar Menak Sopal dengan meminta tumbal seekor gajah yang berkulit putih pula. Singkat cerita dengan sedikit tipu muslihat, Menak Sopal berhasil menyediakan tumbal Gajah Putih kepada Bajul Putih. Untuk diketahui pemilik Gajah Putih di daerah Wengker hanya ada satu orang yaitu seorang janda di daerah Ponorogo.

 

Kuliner 

Nasi Gegok Trenggalek

Kangennya berada disini jika berkunjung ke desa Srabah, Kecamatan Bendungan dengan kuliner khas Trenggalek bernama Nasi Gegok dengan rasa khas yang begitu menggugah selera dan nikmat bila disantap saat dingin karena rasanya yang pedas begitu khas terasa di lidah. Atau jajanan khasnya Trenggalek ada Manco, Alen-alen, dan Tempe Kripik yang dapat menemani hari-hari.

Cerita Lain: Menutup Senja Istimewa di Pantai Tanjung Pendam

 

Adventure 

Goa Lowo Trenggalek Nahh yang suka adventure seperti saya,rindu sekali akan destinasi wisatanya, apalagi kalo ngomongin pantai atau goa widihhhh indahnya wisata trenggalek dengan aneka ragam biota lautnya. jika kita ke wisata pantai di kecamatan watulimo pastinya kita akan menemukan sentra penghasil durian dan kita dapat menemukan hamparan pantai serta wisata hutan mangrove yang indah dan luas memanjang jika ingin berkunjung ke goa dapat melesat di goa lowo “lowo cave” yang menjadi goa terpanjang di asia tenggara dengan panjang 800m dan begitu kental dengan sejarahnya. Jika ingin mengetahui sejarah peradaban langsung melessat ke Candi brongkah, candi yang berisi asal usul trenggalek.

 

 

Budaya 

Nihhh.. yang keren, hampir setiap malam ada budaya yang keren nihh di trenggalek yaitu jaranan yang dikenal dengan ” Turangga yaksa ” yang bisa disaksikan tua muda dan biasanya diiringi tarian 100 penari barongan. woow banget bukan. #ingetkampung

Leave a Reply