Underwater di Indonesia Bercerita Kepada Dunia

img_9223

Saya, Lucky Ibrahim, sebagai mahasiswa tingkat akhir selalu membutuhkan suatu bentuk penyegaran jiwa dan raga. Hal ini dikarenakan tingginya intensitas berfikir, bekerja dan memecahkan suatu masalah yang dilalui dalam berhari-hari dalam beberapa minggu, bahkan bulan dan tahunan bagi sebagian orang. Kenyataan ini jugalah yang akan saya hadapi ketika nanti sudah mencari nafkah untuk menghidupi hidup diri sendiri. Hidup seakan penuh akan tantangan dan rintangan. Namun disaat pikiran sudah buntu dan butuh hiburan pribadi, underwater di Indonesia tidaklah pernah mengecewakan siapapun. Bukan hanya karena Indonesia terkenal akan keindahan bawah lautnya yang tidak terlihat secara langsung dari daratan, namun telah memberikan pengalaman yang berharga bagi saya, termasuk wisatawan, baik nasional maupun mancanegara.

img_9222

Underwater di Indonesia telah bercerita dari dahulu kala saat banyak wisatawan mancanegara menyatakan bahwa Indonesia memiliki beberapa spot underwater terbaik di dunia. Namun dahulu berita tersebut hanya sekedar berita yang dihiraukan oleh kita, masyarakat Indonesia sendiri. Namun kehidupan berbagai komponen underwater di Indonesia tetaplah tumbuh menjadi semakin indah dan semakin menarik. Hal ini disambut positif deengan semakin mudahnya akses untuk mengunjungi daerah-daerah terpencil yang terdapat spot-spot underwater yang menarik untuk dikunjungi.

 

 

img_9227Saya mencoba untuk mengunjungi triangle di Indonesia (sebutan saya pribadi), yaitu Kepulauan Togean di Sulawesi Tengah, Pulau Moyo di Nusa Tenggara Barat dan Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur.  Saya pun dibuat kagum akan keindahan underwater di ketiga spot tersebut. Sangat indah, alami, subur, dan salah satu yang paling penting, kehidupan coral tersebut sangatlah dijaga oleh banyak orang, termasuk wisatawan yang mengunjungi. Hal inilah yang membuat kehidupan underwater di beberapa tempat tersebut sangat menarik untuk dikunjungi hingga saat ini.

 

img_9219

Dengan berkembangnya media sosial, sangatlah banyak wisatawan yang menceritakan keindahan underwater di Indonesia dengan sukalera karena sangat takjub dengan keindahan tersebut. Hal inilah yang membuat saya memutuskan menceritakan hal ini, yaitu keindahan underwater di Indonesia telah bercerita sendiri kepada seluruh orang di dunia termasuk Indonesia melalui cerita wisatawan nasional maupun wisatawan mancanegara. Mereka menceritakan keindahan dan pengalaman berharga saat melihat indahnya underwater di Indonesia.

img_9224

Namun salah satu kendala yang akan dihadapi kedepannya adalah penjagaan terhadap kehidupan underwater tersebut. Seharusnya banyak yang terlibat dalam pemeliharaan corel-coral tersebur. Namun menurut saya pribadi, yang berperan sebagai pahlawan sebenarnya (real hero) dalam cerita ini adalah orang-orang yang telah dan akan terus menjaga agar underwater di Indonesia terus-menerus dapat bercerita akan keindaannya kepada siapapun di dunia ini.

img_9220

*NB : Dan inilah waktunya kita untuk menyelam lebih dalam untuk dapat menikmati keindahan underwater di Indonesia.

img_9226

Leave a Reply