VLOG: ADA DESA RAHASIA DI SUKABUMI!

ciptagelar

Dengar kata Baduy mungkin sudah biasa. Tapi gue yakin, ‘Ciptagelar’ masih jarang-jarang mampir di telinga orang Indonesia. Kata ‘rahasia’ sepertinya pas dibuat sebutan untuk desa yang nyempil di tengah-tengah pegunungan Halimun ini.

Masih di kasepuhan Banten Kidul, desa yang terletak garis perbatasan Sukabumi dan Banten ini menawarkan pengalaman yang luar biasa menjanjikan buat para traveler.

Bayangin, untuk mencapai kesini aja kita harus susah payah berkendara di jalur ekstrim sejauh puluhan kilometer dari jalan raya utama. Jalurnya sempit banget, jadi kalau ada 2 mobil berhadapan, ya siap-siap aja pake cheat GTA biar mobil bisa terbang.

Tapi tenang, semua rasa capek dan encok dan tremor dan koma di jalan akan dibayar sama keunikan dan keindahan desa Ciptagelar.

Awalnya gue kira, desa ini desa biasa gitu yang ala-ala tradisional banget penduduknya. Eh ternyata enggak! Emang iya sih semua terlihat tradisional dari luar. Mulai dari bangunan rumah, tata ruang desa, perkebunan, domba-domba cantik, serigala-serigala jahat, semua mirip sama bayangan orang-orang tentang ‘desa’.

Sesungguhnya, saat kita sampe sana dan lihat jauh lebih dalam kehidupannya. Desa ini keren banget men!

Di tengah kuatnya adat dan tradisi yang lahir turun temurun, mereka nggak mau ketinggalan sama perkembangan dunia modern. Jadi jangan kaget ya kalau disana ada wifi, tv, komputer, radio, dan tek-tek bengek elektronik lainnya.

Jangan kaget juga kalau gue kasih bocoran: hampir seluruh barang elektronik yang mereka punya adalah hasil rakitan mereka sendiri. Sumpah gak bohong. Nanti kalian akan bengong liat TV Ciptagelar, radio Ciptagelar, wifi Ciptagelar, denger-denger mereka lagi berencana mau buat satelit Ciptagelar. Duh pokoknya penduduk sana ngeri banget deh pinternya.

Daripada penasaran, mending cus nonton VLOG yang udah gue siapin buat kalian ini 😉

Pria kurus yg suka maksain jalan-jalan walau gak punya uang

Leave a Reply