Weekend Escape: Tebing Harrow

Tebing Harrow ini berada di Kec. Sukamakmur, Jonggol, Kab. Bogor, Jawa Barat. Bagi kalian yang berdomisili di Jakarta Timur, khususnya Cibubur dan sekitarnya, tidak sulit menemukan tempat ini. Apabila lalu lintas Transyogi / Jl. Alternatif Cibubur – Cileungsi sedang bersahabat cukup 1,5 sampai 2 jam waktu tempuh untuk mencapai lokasi Tebing Harrow.

Ada 2 opsi utama di lokasi ini; Pertama Tebing Harrow itu sendiri dengan sajian pemandangan lembah dan hutan dan yang kedua adalah Curug Cilutung, penamaan Cilutung sendiri dikarenakan lokasi ini adalah habitat alami lutung atau dalam bahasa latin disebut Trachypithecus auratus. Akhir pekan lalu (3 Agustus 2017) saya berkunjung ke lokasi ini dan cukup beruntung bisa bertemu dengan 3 ekor lutung yang asyik bermain dan berlompat-lompatan kesana kemari diantara pohon rambutan dan durian.

Wana wisata Tebing Harrow ini murni dikelola oleh warga sekitar, dengan tarif masuk yang cukup ramah bagi kantong, yaitu Rp. 5000 per orang dan Rp. 10.000 untuk biaya parkir mobil.  Pada musim panen Durian, warga disini memberlakukan sistem wisata; setiap pengunjung yang datang diberikan pilihan untuk masuk dan menikmati keindahan alam Tebing Harrow dan Curug Cilutung saja dengan tarif normal atau membayar sebesar Rp. 50.000 dan mendapatkan 1-2 buah durian hasil panen warga sekitar.

Secara pribadi saya sangat mengagumi semangat warga di lokasi ini untuk membangun wisata alam yang berkelanjutan. Disini mereka sangat menjaga kelestarian alam sekitarnya; seperti membiarkan lutung-lutung liar itu hidup disitu dengan tidak memburu mereka, memberikan papan-papan peringatan dilarang membuang sampah sembarangan, dsb.

 

Saat saya hendak balik kanan ke Jakarta, beberapa pengelola meminta pendapat saya mengenai tempat ini (plus-minus, apa yang kurang, apa yang sebaiknya mereka lakukan, dll). Saya katakan sebaiknya dibeberapa tempat disediakan tempat sampah, supaya memudahkan pengunjung untuk meletakkan sampah ditempat yang sesuai dan pengelola tidak lagi harus memunguti sampah tersebut satu persatu. Kemudian faktor keamanan, dilokasi Tebing Harrow ada 2 spot menara pandang/rumah pohon yang menurut saya sangat minim fasilitas keamanan dan yang terakhir saya sampaikan ialah usahakan pengelola untuk bertindak tegas kepada pengunjung yang mengabaikan semua aturan terutama yang merusak, mengganggu dan/atau memberi makan lutung-lutung liar yang memang sudah menjadi penghuni tempat tersebut sebelumnya

Bonfire, camping, and cold beer.

Leave a Reply