When Bekasinese Meets Belitung Traditional Food

Post

“Happiness is… POOL OF NOODLES!”?—?Risty

Bangun pagi buta , drama lari-larian di Soetta (karena telat check in), dan kelaparan membatu-bata, dibayar dengan sarapan Mie Belitung.

Belitung punya mie lho! FYI foto diatas bukan saya yang capture (tapi dari Google) karena kualitas foto mie yang saya ambil memang kalah cemerlang dengan foto diatas yang sangat instagramable. Just take a look?

Mie Belitung

Diantar ke Guang Zhou Restaurant, saya disuguhi Mie Belitung yang……lucu.

Maafkan lidah saya yang Bekasinesia, rasa mie yang undescribable buat saya jadi agak susah untuk diungkapkan. Yang jelas, Mie Belitung itu sendiri terdiri dari mie (iyalah), tahu, udang, tauge, kentang, bawang goreng, timun, selederi, dan emping.

Enak! Tapi karena ada udangnya………….jadi agak mengurangi kelezatan rasanya. Maafkan mulut norak yang nggak suka udang.

Kuah dari mienya sendiri cukup kental. Jadi bisa dibilang ini pertama kalinya saya makan mie yang kuahnya kental. Beda dengan spaghetti ya, karena spaghetti lebih ke pasta. Rasanya cukup beragam lebih ke gurih, tapi yang paling nyata adalah rasa lada. Overall, menurut lidah saya, 7 dari 10.

Di bayangan saya…. seperti makan mie lurus-lurus (bukan spaghetti) pake kuah cap cay goreng (nya restoran Chinese Food deket rumah). Agak nyacat memang bayangan saya jadi lebih baik nggak usah dibaca.

Tapi rasa kuah nan kentalnya itu, diimbangi dengan es jeruk nipis yang ssssssshhhhhhh *ceritanya meringis keasaman*. Bikin segar gimana gituh~

Es Jeruk Nipis

FYI, Guang Zhou Restaurant terletak di Jl. Patimura, Kabupaten Belitung. Cukup terkenal kok di sana, jadi kalau mau kesini pasti mudah. Di Belitung sendiri, harga seporsi Mie Belitung yang notabene makanan khas, hanya berkisar IDR 10.000–15.000. Baik di Guang Zhou Restaurant maupun di tempat makan lainnya. Relatif murah ya~


Mie Belitung ini jadi idola para warga di Belitung sana lho. Jadi bisa dikatakan ini adalah makanan khas yang dicap recommended. Nah, kalau main ke Belitung, jangan lupa masukkan Mie Belitung ke daftar kulineran kamu ya!

“The two most important days in your life that you have to remember: the day you were born, and the day you discovered archipelago foods”?—?Risty

Apa kata heroes lainnya?

You must be logged in to post a comment.