Wisata Bahari Indonesia Timur : Labuan Bajo – NTT

photo_2016-10-31_13-34-01
KM Aqua Luna, KM Komodo Enterprise dan KM Cajoma IV

Kamis pagi, tepatnya tanggal 20 Oktober sekitar pukul 3 pagi kami sudah mulai bergegas menuju bandara Soetta untuk terbang menuju labuan bajo, pesawat yang akan kita naiki akan berangkat sekitar jam 4.30an, namun terlebih dahuku kita harus transit di denpasar untuk berganti pesawat wings air ATR 72 -500 untuk melanjutkan ke tujuan kita labuan bajo. Dan sekitar lebih kurang 2jam ½ atau sekitar jam 11an kita akhirnya sampai juga di bandara komodo-labuan bajo. Kemudian kita melanjutkan dengan perjalanan darat mengunakan bus untuk menuju pelabuhan labuan bajo untuk berlayar.

Dalam 3 Hari kedepan kita akan menjadi anak laut, berlayar mengarung bagian timur indonesia bersama “KM Komodo Enterprise”, “KM Aqua Luna” dan “KM Cajoma” iya kita memang mengunakan 3 kapal, 2 diantaranya adalah kapal pinisi dan 1 kapal semi pinisi untuk nengelilingi Pulau di Labuan Bajo, dan sungguh menjadi pengalaman yg paling mengesankan dalam hidup saya. Pulau Kelor, Pulau Padar, Pulau Komodo, Desa Komodo, Pink Beach, Gililawa Darat, Manta Point, Pulau Taka Makassar dan Pulau Kanawa adalah tujuan destinasi yg akan kita kunjungi dan wajib di kunjung bilamana teman-teman memiliki kesempatan berkunjung ke labuan bajo.

Banyak yang menakjubkan dari indonesia bagian timur, banyak pengalaman baru, banyak cerita, keragaman budaya dan keseharian penduduk lokal yang benar-benar mencerminkan ini lah indonesia ku, yang memancarkan sejuta keindahan yang tidak dimiliki oleh negara manapun. Kita patut berbangga dengan keindahan alam yang kita miliki, tidak perlu keluar negri karna keindahan alam kita sungguh luar biasa dan sangat memanjakan mata untuk dipandang.

Indahnya alam indonesia tidak dapat tergambarkan hanya dengan sebuah jepretan mata kamera, karena alam indonesia akan nampak mempesona bila kita menikmatinya secara langsung surga bagi para traveler.

Labuan bajo eksotis dengan sejuta keindahan, kalo saya bilang labuan bajo itu destinasi liburan paling lengkap, kita dimanjakan dengan segala keindahan alamnya, baik dari pulau-pulau nya serta pantai-pantai nya pun indah. Ada pantai pink, kenapa dinanamakan dengan pantai pink alasanya yaitu karena pasirnya tidak seperti pantai lain yang berwarna pink, pantai nya pun indah dan jernih airnya cocok untuk snorkeling. Lalu ada juga pulau kanawa pantai ini juga memiliki pantai yang indah dengan hamparan pasir putih yang menghiasi bibir pantai serta air laut yang jernih sehingga membuat pesisir berwarna kebiru-biruanan, di pantai ini banyak juga banyak biota laut yang tidak kalah indahnya dari pantai pantai pink dan jika kita beruntung kita bisa temui baby shark dan ikan duyung lucu yang bisa kita ajak bermain.

Pantai Pink

Labuan bajo tidak hanya menyuguhkan wisata pantai saja, namun juga menyuguhkan wisata pegunungan di berbagai pulau-pulaunya, ada sekitar tiga destinasi traking yang memiliki pemandangan yang luar biasa di antaranya pulau kelor, pulau padar dan pulau gililawa darat, Heemmm….memang sih butuh perjuangan untuk mendapatkan view indah tersebut, tapi tidak perlu khawatir semua perjuangan mendaki akan terbayar lunas dengan pemandangan indah yang sangat memanjakan mata kita.

photo_2016-10-31_12-06-58
Pulau Kelor
Pulau Padar
Gililawa Darat
photo_2016-10-31_13-34-04
photo_2016-10-31_12-07-05

Selain itu kita dapat merasakan sensasi ketegangan saat berkeliling di pulau komodo dimana benar-benar habitat asli hewan komodo, yang hanya ada di indonesia pastinya. Saat kita berkeliling di pulau komodo seakan-akan kita merasa sebagai minoritas, dimana terdapat banyak komodo yang mungkin setiap saat bisa datang dari arah manapun, namun tenang wisata ini aman ko… karna kita berkeliling di pulau komodo ini didampingi oleh para rangers yang akan selalu siap memandu kita untuk berkeliling pulau komodo. Bagi warga desa komodo, hewan komodo adalah hewan yang memiliki nilai sepiritual tersendiri, karena memiliki suatu cerita dari para leluhur yang menarik yang mungkin banyak dari kita belum ketahui.

Manta Point

Dan ada satu lagi spot yang benar-benar saat ini sedang menjadi primadona buruan para turis lokal dan asing yaitu Manta Poin, spot ini menyuguhkan wisata snorkeling bersama sekawanan ikan pari manta yang memiliki ukuran yang sangat besar. Manta Point dengan spot arus yang lumayan kencang adalah spot kesukaan para kawanan pari manta untuk bermain dan mencari makan.  Untuk menuju spot manta point ini kita haru menggunakan speed boat untuk mengejar sekawanan pari manta dan saat kita mengejar sekawanan pari manta dengan speed boat itu adalah suasana yang sangat menegangkan karena kita harus melawan arus yang lumayan kencang jadi benar-benar harus berhati-hati bila speed boat yang kita gunakan tidak ingin terbalik.

Namun sayang keterbatasan mata kamera hanya mampu mengabadikan sedikit dari banyaknya keindahan destinasi-destinasi yang kita kunjungi. Hanya mata ini yang mampu merekam dan menyimpanya dalam memory yang dinamakan ingatan.

Inilah adalah cerita saya dari indonesia bagian timur yang saya singgahi selama 4 hari 3 malam, ya…Labuan Bajo – NTT adalah salah satu potensi lokal yang menawarkan banyak keindahan kelas dunia yang indonesia miliki.

“Datang dan rasakan sendiri maka anda akan dapat merasakan keindahanya”.