Wisata Replika Sekolah yang Berdampak Ekonomi di Gantong Belitong Timur

Destinasi wisata, baik buatan maupun alam diharapkan mampu memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat sekitarnya. Ini terbukti melalui wisata buatan manusia hasil dari kreasi Film Laskar Pelangi salah satunya dalam scene sekolah rakyat di SD Muhammadiyah, Gantong, Belitong Timur.

Replika sekolah ini menjadi daya tarik utama, terdiri dari satu ruang utama belajar dan ruang guru serta sisanya halaman luas. Bangunan kayu sederhana mampu bercerita mengenai apa yang terjadi, menjadi saksi akan perjuangan anak-anak Gantong, Belitong Timur dalam mengejar cita-citanya.

Siang nan cerah di replika SD Gantong Laskar Pelangi.
Glory of Belitong. Kata-kata adalah doa, berharap Belitong dan wisatanya memberikan manfaat bagi masyarakat secara berkelanjutan.
Ruang di dalam replika sekolah dalam scene film Laskar Pelangi. Sederhana.
Tampak sisi luar bangunan replika sekolah yang menjadi salah satu destinasi wisata Laskar pelangi.
Seorang anak dari desa sekitar yang berada dalam ruang replika sekolah.
Laskar pelangi, mengejar matahari…bermimpi dan terbangun mengejar masa depan. Bagi diri sendiri, bangsa dan negara. Itulah spirit dalam penggalan film Laskar Pelangi.
Wisatawan sedang mengabadikan dirinya bersama anak setempat dalam ruang replikas sekolah di Film Laskar Pelangi.
Sisi ruang dalam dan luar replikas sekolah dalam Film Laskar Pelangi.
Film Laskar Pelangi mampu membingkai kawasan sekitar menjadi lebih produktif, ditengah-tengah menurunnya sumber daya alam di sektor pertambangan, wisata menjadi harapan baru masyarakat. Wisata buatan ini mampu memberikan manfaat ekonomi masyarakat seperti jualan kerajinan, makanan, oleh-oleh dan juga jasa wisata.

Pariwisata yang mampu menampilkan kearifan lokal dengan nilai-nilai universal tentunya akan memberikan manfaat langsung dan tidak langsung kepada semua yang berinteraksi. Dan tentu saja keberlanjutan akan terjamin.

Be smart traveler. @bastian_as

Profesional konsultan di pemberdayaan ekonomi di Indonesia, suka traveling dan fotografi. Banyak karya-karya fotografinya memperoleh penghargaan baik di level nasional maupun internasional.

Leave a Reply